Rutan Muaro Labuah Solsel Ramah HAM


Ahad, 01 Maret 2020 - 16:01:13 WIB
Rutan Muaro Labuah Solsel Ramah HAM Pemeriksaan barang bawaan pengunjung oleh petugas Rutan Muara Labuh, Solsel. Jefli

SOLOK SELATAN, HARIANHALUAN.COM -- Rumah Tahanan (Rutan) Kelas II B Muaro Labuah, Solok Selatan (Solsel) bertekad untuk meningkatkan pelayanan dan pengamanan terhadap warga binaan. Kendati dengan kapasitas daya tampung Rutan yang terbatas. Hal itu disampaikan Kepala Rutan Kelas II B Muaro Labuah, Sarwono pada Harianhaluan.com, Minggu (1/3).

"Berhubung saya bertugas masih baru di Solsel sekitar dua bulan ini, maka butuh sinergi dan masukan dari berbagai pihak dan stakeholder terkait untuk memaksimalkan pelayanan dan pengamanan terhadap warga binaan maupun terhadap pengunjung Rutan ini. Supaya ramah akan Hak Azasi Manusia (HAM)," kata Sarwono.

Baca Juga : Bupati Agam Ingin Aturan Zonasi Dibahas Khusus

Menurutnya, jumlah warga binaan di Rutan itu saat ini sebanyak 68 orang dimana terdiri dari 34 narapidana dan 32 tahanan. "Idealnya Rutan ini hanya berkapasitas 24 orang. Dalam waktu dekat kami juga akan menyampaikan permintaan pada Pemkab Solsel terkait kebutuhan lahan untuk pembangunan Rutan yang lebih memadai," ujarnya.

Kemudian, imbuhnya, dengan keterbatasan kapasitas maupun sarana pendukung lainnya, bukan berarti mengabaikan pelayanan dan pengamanan di Rutan. "Nanti kita coba juga sediakan tempat bermain Anak supaya pihak keluarga yang berkunjung dengan membawa anak bisa nyaman," katanya.

Baca Juga : Penyaluran BST Kemensos Hari Terakhir, Rp402 Juta Lebih Dikucurkan untuk 671 Warga

Sarwono mengatakan integritas penjaga rutan sesuai dengan SOP ataupun aturan yang berlaku. "Pemeriksaan terhadap pengunjung yang datang juga kita maksimalkan untuk mencegah masuknya barang yang berpotensi tindak kriminal," sebutnya. (*)

Reporter : Jefli Bridge | Editor : Agoes Embun
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]