Cuaca Panas, 20 Hektare Lahan Sawit Terbakar di Agam


Ahad, 01 Maret 2020 - 16:43:57 WIB
Cuaca Panas, 20 Hektare Lahan Sawit Terbakar di Agam Tim berjibaku melakukan pemadaman di lokasi kebakaran lahan di Masang, Nagari Tiku V Jorong.

AGAM, HARIANHALUAN.COM -- Titik baru kobaran api terus bermunculan di perkebunan sawit plasma Tiku V Jorong, tepatnya di Masang, Nagari Tiku V Jorong, Kecamatan Tanjung Mutiara hingga Minggu (1/3) siang. Tim Pemadam Kebakaran bersama BPBD Kabupaten Agam sampai saat ini masih berjibaku menjinakkan api agar tidak semakin meluas  

Setidaknya, ada 12 hektar lahan perkebunan kelapa sawit yang terbakar. Titik-titik api terus muncul setelah upaya pemadaman dilakukan tim gabungan sepanjang Sabtu kemarin. Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Agam, M Lutfi Minggu (1/3) mengatakan, tim masih berjibaku di lapangan, areal yang terbakar cukup luas.

Dia menjelaskan, titik-titik api baru  menyebabkan kobaran api kembali membara di areal tersebut. Lahan gambut dipicu cuaca panas, sehingga sangat mudah terjadi percikan api. Menurutnya, pemadaman di lokasi beberapa titik yang baru muncul dilakukan Satgas BPBD Agam bersama karyawan plasma, pemerintah kecamatan, nagari, TRC PT MA, dan masyarakat. 

"Kebakaran lahan yang terjadi di Masang, Tiku V Jorong diduga terpicu cuaca panas yang membuat rerumputan kering yang mudah terpercik api yang menyebabkan kebakaran di lahan tersebut," ungkapnya. 

Sejak beberapa waktu terakhir cuaca panas memicu kebakaran lahan perkebunan, lebih kurang hingga saat ini tercatat 20 hektar lahan masyarakat terbakar pada banyak titik dan sejumlah Kecamatan. 

Sebelumnya, diduga akibat cuaca panas sejak beberapa waktu terakhir dua hektar lahan sawit di Aia Maruok Lubuak Gadang, Jorong Durian Kapeh, Nagari Durian Kapeh (Persiapan Durian Kapeh Darussalam), Kecamatan Tanjung Mutiara terbakar, Rabu (26/2) lalu.

Kemudian, lima hektar kebun kelapa sawit milik warga Kajai Pisik, Nagari Manggopoh, Kecamatan Lubuk Basung juga terbakar. Lima hektare lahan perkebunan kelapa sawit itu milik Irman Tasri (47) dan Andin (35). Lalu, satu hektar lahan kelapa sawit dan karet di Tantaman, Jorong Tantaman, Nagari Tigo Koto Silungkang, Kecamatan Palembayan. Kebakaran ini terjadi dalam rentang waktu, Sabtu (22/2) Minggu (23/2). (*)

Reporter : Rahmat Hidayat /  Editor : Agoes Embun

Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM