Akhirnya! Otak Aksi Pembacokan Warga Mentawai di Padang Diciduk


Ahad, 01 Maret 2020 - 17:45:10 WIB
Akhirnya! Otak Aksi Pembacokan Warga Mentawai di Padang Diciduk Otak aksi pembacokan warga Mentawai diamankan Unit Reskrim Polresta Padang.

PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Seorang lagi tersangka pembacokan terhadap warga Mentawai di Jalan Sutomo, Kecamatan Padang Timur akhirnya berhasil diamankan polisi. Tersangka yang ditangkap kali ini adalah otak dari aksi pembacokan tersebut. Tak dinyana, saat penangkapan, polisi juga menemukan narkoba. 

Kasat Reskrim Polresta Padang, AKP Edriyan Wiguna mengatakan, tersangka yang diketahui bernama Afdal Gustian Chandra (19), warga Alang Laweh, Kecamatan Padang Selatan ini ditangkap oleh tim opsmal dibawah komando Dantim Buser Aipda David Rico Darmawan pada Jumat (28/2) sore di rumahnya ketika tidur. 

Dijelaskan Kasat, tersangka Afdal ini berperan sebagai pengendara motor dan sudah ditetapkan masuk Daftar Pencarian Orang (DPO) selama kurang lebih dua pekan. “Tersangka ini ditangkap saat tidur. Di rumahnya kami juga menemukan satu paket narkoba jenis sabu beserta bongnya. Dia mengaku, kalau saat kejadian dia yang mengendarai motor," jelas Kasat.
 
Hasil pemeriksaan, diketahui bahwa ketika kejadian tersebut, tersangka ini menggunakan narkoba dahulu. Setelah itu, mereka baru beraksi melakukan pembacokan. Dia menyebut, tidak mengenal korban, kejadiannya hanya karena bertemu di jalan dan tersangka ini hampir menabrak korban. 

"Tersangka dan korban ini tidak mengenal. Saat bertemu di jalan, korban ini hampir ditabrak oleh tersangka. Tersangka ini kemudian berbalik arah dan melayangkan pedang kepada korban. Para korban ini sempat lari dan tersungkur di jalan," kata Kasat. 

Sementara itu, untuk barang bukti narkoba yang ditemukan diserahkan Unit Reskrim ke Unit Res Narkoba Polresta Padang. "Tersangka ini diduga kuat juga pengedar narkoba,”ujarnya.

Dijelaskan Kasat kemudian, pihaknya sudah berhasil menangkap dua tersangka penganiayaan mahasiswa Mentawai dua pekan lalu. Seorang tersangka bernama Kardi Irwansyah (19), seorang tukar parkir yang berperan sebagai eksekutor dan tersangka Afdal yang menjadi pengendara motor serta otak dari aksi penganiayaan ini. 

"Alhamdulilah berkat doa dari masyarakat warga Kota Padang, kita berhasil mengungkap tersangka penganiayaan terhadap  warga Mentawai tersebut," ujarnya.

Sebelumnya, seorang pemuda asal Kabupaten Kepulauan Mentawai harus mengalami luka parah di bagian leher usai ditebas oleh pria bermotor saat berjalan bersama temannya di kawasan Marapalam, Minggu (16/2) dinihari. Akibat kejadian tersebut, korban harus menjalani operasi di rumah sakit. 

Informasi yang dihimpun harianhaluan.com, korban yang diketahui bernama Parmono Saogo (21) ini mengalami kritis usai ditebas diduga menggunakan katana (pedang khas Samurai,red). Sebelum dibawa ke RSUP DR. M Djamil Padang, korban sempat mendapatkan perawatan intensif di RSIA Cicik yang berada tak jauh dari lokasi kejadian.
 
Peristiwa yang terjadi pada Minggu (16/2) sekira pukul 02.00 WIB dinihari itu sempat membuat heboh masyarakat sekitar lokasi kejadian. Bahkan ada yang sempat mengatakan korban pembegalan. Pasalnya, korban tidak kenal pelaku yang tiba-tiba datang menyerang dengan pedang. (*)

 Editor : Agoes Embun

Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM