Kondisi Jalinsum Kian Parah, Dinas PUPR Lempar Tanggung Jawab ke Balai Jalan


Senin, 02 Maret 2020 - 08:45:14 WIB
Kondisi Jalinsum Kian Parah, Dinas PUPR Lempar Tanggung Jawab ke Balai Jalan Jalinsum rusak parah, lubang-lubang besar sudah menganga, bahkan mobil mobil rendah sudah sulit untuk melintas jalan tersebut. Foto/Maryadi

DHARMASRAYA, HARIANHALUAN.COM -- Ruas Jalan lintas Sumatera (Jalinsum) Kabupaten Dharmasraya, saat inu dipenuhi lubang besar dan dalam. Akibatnya pengendara yang melintas Jalinsum harus berhati-hati.

Pantauan Harianhaluan.com di lokasi, Senin (2/3/2020), beberapa titik Jalinsum sudah sangat sulit untuk dilalui, bahkan ada mobil yang sudah nyangkut karena dalamnya lubang tersebut. Misalnya saja di wilayah Sialang dekat perbatasan Kabupaten Sijunjung dengan Dharmasraya, tepatnya didepan Rumah Makan Family Raya, ruas jalan tersebut sudah sangat sulit untuk dilalui.

Bahkan salah seorang warga Kiliran Jao, Anton (40), membenarkan hal tersebut, dirinya tinggal di Kiliran Jao dan mencari nafkah di Dharmasraya, setiap harinya, dia harus melintas di Jalinsum bolak balik, namun semenjak parahnya Jalinsum, yang selama ini ia bawa mobil, ia harus pakai sepeda motor.

"Mobil saya sudah ndak bisa lewat karena rendah dan nyangkut," ungkap Anton.

Ada beberapa titik lainnya yang juga sudah parah, lubang-lubang tersebut harus di beri tanda oleh warga setempat agar pengendara tidak terperosok ke dalam lobang yang cukup dalam tersebut.

Misalnya saja di Jalinsum Sungai Dareh, tepat didepan Makoramil Pulau Punjung dan begitu pula tidak jauh dari Dinas Pendidikan, warga juga harus memberi tanda agar pengendara tidak terperosok.

Titik lainnya juga ada di Sikabau, lubang yang menganga ada yang diberi tanda dan ada juga yang tidak, dekat jembatan kecil di Sikabau sangat parah, bahkan sangat rawan kecelakaan bagi pengendara sepeda motor yang hendak mengelakkan lubang tersebut, maka siap-siap dihantam mobil.

Kepala Dinas PUPR Dharmasraya, Ir.Junedy Yunus menjelaskan, bahwa Jalinsum merupakan tanggung jawab pemerintah pusat melalui balai jalan nasional, tidak boleh diperbaiki dengan dana APBD, karena status Jalinsum adalah jalan nasional.

Namun katanya, dia akan melalukan koordinasi dengan balai wilayah jalan nasional, agar jalan tersebut segera diperbaiki sebelum korban berjatuhan. (*)

Reporter : Maryadi /  Editor : Milna

Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Ahad, 01 Maret 2020 - 18:06:27 WIB

    DPRD Agam Refleksi Kondisi Sosial dan Hukum Indonesia

    DPRD Agam Refleksi Kondisi Sosial dan Hukum Indonesia AGAM, HARIANHALUAN.COM -- DPRD Agam bekerjasama dengan Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat menggelar Bimtek Teknis perdana Pimpinan dan Anggota DPRD Agam di tahun 2020..
  • Rabu, 20 Maret 2019 - 14:29:42 WIB

    Kondisi Objek Wisata Rimbo Panti Memprihatikan

    Kondisi Objek Wisata Rimbo Panti Memprihatikan PASAMAN, HARIANHALUAN.COM--Destinasi objek wisata cagar alam Rimbo Panti, Kabupaten Pasaman, sudah lama dikenal. Kawasan konservasi ini memiliki banyak daya tarik sebetulnya. Mulai dari hutan lindung nan eksotis, flora dan fa.
  • Kamis, 17 Mei 2018 - 20:38:45 WIB

    Saling Bermaafan, ASN Turut Pantau Kondisi di Lingkungan

    Saling Bermaafan, ASN Turut Pantau Kondisi di Lingkungan TANAH DATAR, HARIANHALUAN.COM -- Bulan Ramadan 1439 Hijriah membawa kenyamanan dan ketentraman bagi umat manusia. Bulan suci ini menjadi bulan yang ditunggu-tunggu umat Islam se-dunia, mengingat keberkahan yang luar biasa bag.
  • Selasa, 11 April 2017 - 17:08:06 WIB

    Melihat Kondisi Puskesmas, Anggota DPRD Padang Pariaman Ini Marabo

    Melihat Kondisi Puskesmas, Anggota DPRD Padang Pariaman Ini Marabo PADANG PARIAMAN, HARIANHALUAN.COM—Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Padang Pariaman daerah pemilihan (dapil) IV marabo saat meninjau pembangunan Puskesmas Katapiang, Selasa (11/4)..
  • Rabu, 05 Oktober 2016 - 02:16:41 WIB

    Kondisi Rest Area Gerbang Utara Memprihatinkan

    Kondisi Rest Area Gerbang Utara Memprihatinkan PARIAMAN, HALUAN — Kondisi rest area di gerbang utara Kota Pariaman makin menyedihkan. Pasalnya, jika hujan hujan turun, lokasi ini akan menjadi langganan ban­jir. Namun sebaliknya, jika musim kering akan mem­perlihatkan .
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM