Lomba Qasidah Rabana se Kecamatan IV Jurai Ditutup, Ini Pesan Bupati pada Pemuda


Senin, 02 Maret 2020 - 10:57:33 WIB
Lomba Qasidah Rabana se Kecamatan IV Jurai Ditutup, Ini Pesan Bupati pada Pemuda Bupati Hendrajoni memberikan sejumlah hadiah pada pemenang lomba Qasidah Rabana Tingkat Mejelis Talim se Kecamatan IV Jurai, bertempat di Pasar Salido, Minggu (1/3) malam.

PAINAN, HARIANHALUAN.COM - Bupati Pesisir Selatan Hendrajoni menghadiri penutupan lomba Qasidah Rabana Tingkat Mejelis Talim se Kecamatan IV Jurai, di Pasar Salido, Minggu (1/3) malam.

Dalam sambutan, Bupati Hendrajoni menyebutkan, kegiatan qasidah rabana yang digelar oleh pemerintah kecamatan dan nagari setempat, merupakan kegiatan islami dalam rangka mendidik generasi muda di bidang keagamaan.

Baca Juga : Pantauan Perkembangan Covid-19 di Sumbar: Positif 101, Sembuh 158, dan Meninggal Dunia 4 Orang

"Namun, yang terpenting bagaimana kesenian qasidah rabana ini tidak tergerus zaman. Sehingga terus membudaya hingga ke anak cucu kelak," katanya saat itu.

Ia berharap, kepada peserta yang menjadi juara lomba qasidah rabana malam itu, agar terus melatih diri dengan mengoptimalkan segala potensi yang ada. Sebab, generasi muda di Pessel sangat agamais.

Baca Juga : Hasil Dua Operasi Polda Sumbar, Ratusan Tersangka Sudah Ditangkap

"Kegiatan ini sesuai dengan misi daerah, yakni menciptakan masyarakat mmandiri, unggul, agamais, dan sejahtera. Semoga terus berkelanjutan," tuturnya.

Menurutnya, qasidah adalah seni suara yang berlafaskan Islam, di mana lagu-lagunya banyak mengandung unsur-unsur dakwah Islamiyah dan nasihat-nasihat baik sesuai ajaran Islam. Biasanya lagu-lagu tersebut dinyanyikan dengan irama penuh kegembiraan yang hampir menyerupai irama Timur Tengah yang diiringi dengan rabana.

Baca Juga : Wabup Pasaman Sabar AS Minta PMI Jaga Ketersediaan Stok Darah

"Kesenian ini dapat menjadi alternatif bagi generasi muda muslim untuk menyalurkan bakat dan hobinya sesuai tuntunan syariat Islam," ucapnya.

Pada malam itu, turut diumumkan para pemenang lomba, kepada sejumlah pemenang Bupati Hendrajoni mengucapkan selamat sembari menyerahkan hadiah.

Baca Juga : Operasi Antik Singgalang 2021 di Pasaman, 20 Paket Ganja Kering Diamankan

"Ke depan tolong ditingkatkan lagi kemampuannya, agar mampu bersaing pada tingkat kabupaten, provinsi, hingga nasional. Teruslah belajar dan menjadi yang terbaik," tuturnya mengakhiri. (*)

Reporter : Okis Mardiansyah | Editor : NOVA
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]