Fungsi dan Tugas KPP Pratama Berubah  


Senin, 02 Maret 2020 - 12:21:19 WIB
Fungsi dan Tugas KPP Pratama Berubah   KAKANWIL DJP Sumbar dan Jambi, Lindawaty bersama jajaran menabuh beduk tanda dimulainya perubahan tugas dan fungsi KPP Pratama, Senin (2/3). HELDI SATRIA

PADANG, HARIANHALUAN.COM - Wajib pajak yang terdaftar pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama mulai hari ini berpotensi ditangani oleh account representatif baru sehubungan dengan adanya perubahan tugas dan fungsi KPP Pratama.

Perubahan tugas dan fungsi KPP Pratama merupakan bagian dari program penataan organisasi Direktorat Jenderal Pajak yang dilakukan sebagai bagian dari Rencana Strategis DJP 2020-2024 untuk meningkatkan efektivitas pengawasan kepatuhan pajak. Perubahan tugas dan fungsi KPP

“Pratama yang mulai berlaku 1 Maret 2020 merupakan tahap pertama dari program penataan organisasi tersebut,” ungkap Kakanwil DJP Sumbar dan Jambi, Lindawaty disela-sela kegiatan sosialisasi Perubahan Tugas dan Fungsi KPP Pratama di Kantor KPP Pratama 1 Padang, Senin (2/3).

Penataan KPP Pratama, lanjutnya, ditujukan untuk lebih memperluas basis perpajakan melalui kegiatan pengawasan potensi untuk mengumpulkan data lapangan. Penataan ini dilakukan melalui penggabungan fungsi edukasi, pelayanan dan pemrosesan permohonan wajib pajak untuk efisiensi dan perbaikan layanan, dan penggabungan fungsi ekstensifikasi. pengawasan, dan pengumpulan data lapangan, serta memperbesarjumlah pegawai di area tersebut.

Tahap berikutnya dari program penataan organisasi adalah mengubah jumlah, tugas, dan fungsi KPP Pratama dan KPP Madya. “Melanjutkan strategi tahap pertama, KPP Pratama akan difokuskan pada perluasan basis pajak serta peningkatan jumlah dan kualitas data lapangan. Selanjutnya sejumlah KPP Madya baru akan dibentuk agar DJP dapat lebih fokus mengawasi kepatuhan wajib pajak strategis yaitu mereka yang memiliki dampak besar terhadap penerimaan di suatu wilayah. Tahap ini diharapkan dapat terlaksana pada semester II tahun 2020,” jelasnya didampingi P2 Humas DJP Sumbar dan Jambi, Sabiqoh Faqih Syaghief dan Kepala KPP Pratama Satu.

Sebagai bagian dari strategi ini maka pengawasan termasuk kunjungan lapangan oleh petugas KPP Pratama akan lebih ditingkatkan agar DJP memperoleh data yang lebih banyak dan berkualitas tinggi. Dalam melaksanakan tugasnya termasuk melakukan kunjungan lapangan pegawai DJP wajib mengikuti kode etik, menjaga integritas, dan bersikap profesional.

“Apabila anda menemukan adanya indikasi pelanggaran segera laporkan melalui saluran pengaduan yang tersedia, seperti melalui email ke penqaduanQpaiakqoid atau secara online melalui wise.kemenkeu.egg. Seluruh pengaduan akan kami tindaklanjuti dengan menjaga kerahasiaan pelapor,” pungkasnya. (h/hel)

Reporter : hel /  Editor : Heldi

Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Senin, 16 Desember 2019 - 20:58:00 WIB

    Pekan Depan, Jembatan Sitiung yang Putus Dihantam Banjir Kembali Berfungsi

    Pekan Depan, Jembatan Sitiung yang Putus Dihantam Banjir Kembali Berfungsi DHARMASRAYA, HARIANHALUAN.COM - Gerak cepat yang dilakukan Dinas PUPR Dharmasraya untuk berkoordinasi dengan Dinas PUPR Provinsi Sumbar menanggulangi jembatan Sitiung yang putus tiga hari lalu akibat dihantam banjir. Buktinya.
  • Rabu, 04 Desember 2019 - 16:07:50 WIB

    TPS3R Balai Naras Belum Juga Difungsikan

    TPS3R Balai Naras Belum Juga Difungsikan PARIAMAN, HARIANHALUAN.COM – Takut Tempat Pemrosesan Sampah Sementara (TPS3R) di Desa Balai Naras Pariaman Utara, Kota Pariaman jadi monumen, Kepala Desa setempat, Ridwan A, menggandeng tim fasilitator Kotaku untuk menggaet.
  • Jumat, 29 November 2019 - 14:57:47 WIB

    PLN Fungsikan Gardu Induk Muara Labuh Hasil dari Panas Bumi PTSEML

    PLN Fungsikan Gardu Induk Muara Labuh Hasil dari Panas Bumi PTSEML SOLOK SELATAN, HARIANHALUAN.COM - Gardu Induk   (GI) PLN di Pekonina Muara Labuh, Solok Selatan (Solsel) pada Jumat (29/11) sudah terkoneksi dengan jaringan tol listrik Sumatra. Artinya, listrik dari Pembangkit PT Supreme En.
  • Rabu, 13 November 2019 - 13:09:38 WIB

    Pengatur Lalu Lintas Sinpang Kurai Taji Kota Pariaman Tak Berfungsi

    Pengatur Lalu Lintas Sinpang Kurai Taji Kota Pariaman Tak Berfungsi PARIAMAN,HARIANHALUAN.COM - Lampu pengatur lalu lintas di Simpang Kurai Taji, Pariaman Selatan Kota Pariaman tampak tak berdungsi. Pengguna jalan diharap berhati-hati ketika melewati persimpangan tersebut..
  • Rabu, 30 Oktober 2019 - 14:24:57 WIB

    Jalankan Fungsi Datun dan TP4D, Kejari Pariaman Dukung Pembangunan Tarok City

    Jalankan Fungsi Datun dan TP4D, Kejari Pariaman Dukung Pembangunan Tarok City PADANGPARIAMAN,HARIANHALUAN.COM-Kejaksaan Negeri (Kejari) Pariaman mendukung pembangunan daerah di wilayah kerjanya melalui fungsi Perdata dan Tata Usaha Negara (DATUN) dan pendampingan melalui Tim Pengawal Pemerintahan dan P.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM