Antisipasi Penyebaran Virus Corona, Ini Imbauan Dinkes Pasaman


Senin, 02 Maret 2020 - 16:10:38 WIB
Antisipasi Penyebaran Virus Corona, Ini Imbauan Dinkes Pasaman Ilustrasi

PASAMAN, HARIANHALUAN.COM - Dinas Kesehatan Kabupaten Pasaman, melakukan sejumlah langkah antisipatif untuk mencegah penyebaran virus mematikan, Corona (Covid-19) di wilayah itu.

Masyarakat yang mengeluhkan penyakit pernapasan diimbau segera mendatangi fasilitas kesehatan terdekat, terutama bagi mereka yang baru pulang dari perjalanan luar negeri.

Kepala Dinas Kesehatan Pasaman, dr Arnida melalui Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P), Arma Putra mengingatkan, masyarakat untuk waspada terhadap penyebaran virus corona dengan melakukan sejumlah langkah antisipatif.

"Kita melakukan antisipasi dini. Caranya, memberikan penyuluhan ke masyarakat melalui puskesmas. Masyarakat yang mengalami gejala gangguan saluran pernafasan, diminta segera mendatangi  puskesmas," katanya, Senin (2/3).

Antisipasi penyebaran dan pencegahan penyakit pneumonia yang berasal dari Wuhan, China itu harus dilakukan. Jika tiba-tiba muncul gejala demam, batuk dan pilek harus langsung melapor ke fasilitas kesehatan terdekat.

"Pusat layanan kesehatan di kecamatan juga diminta memerhatikan apabila ada pasien dengan gejala jangkitan virus tersebut," katanya.

Meski kasus corona masih zero kasus di daerah itu, antisipasi penyebaran infeksi virus corona (Covid-19) di Kabupaten Pasaman, perlu diketahui dan diwaspadai oleh masyarakat setempat.

"Salah satu upaya pencegahan yang bisa kita sampaikan ke masyarakat, adalah menghindari kontak dengan orang yang sakit infeksi saluran pernafasan," ucap Arma Putra.

Ia juga meminta masyarakat menjaga pola hidup bersih dan sehat, memperhatikan nutrisi makanan agar ketahanan tubuh kuat. Kemudian, ia mengingatkan agar masyarakat memiliki etika ketika bersin.

"Kalau bersin ditutup dan jangan diarahkan ke orang. Itu harus ada etikanya. Tutup hidung dan mulut dengan tisu atau kain saat batuk dan ketika bersin, lalu cuci tangan," katanya.

Masyarakat, kata dia, diminta tidak panik namun tetap harus meningkatkan kewaspadaan. Seperti diketahui, Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah mengkonfirmasi dua orang Warga Negara Indonesia positif terjangkit virus corona atau COVID-19. Saat ini, kedua pasien virus corona tengah diisolasi di RSPI Sulianti di Sunter, Jakarta Utara.

"Dua orang tersebut merupakan seorang ibu (64) dan anaknya (31) yang tinggal di Depok, Jawa Barat . Mereka tertular virus corona oleh warga negara Jepang yang terinfeksi sebelumnya," ucap Arma. (h/yud)

Reporter : Yudi Lubis /  Editor : Heldi

Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Senin, 06 April 2020 - 12:30:59 WIB

    Antisipasi Corona, Komunitas Wartawan di Sijunjung Bagi-bagi Masker

    Antisipasi Corona, Komunitas Wartawan di Sijunjung Bagi-bagi Masker SIJUNJUNG, HARIANHALUAN.COM -- Sebagai bentuk kepedulian kesehatan masyarakat dalam pencegahan dan penyebaran serta antisipasi Virus Corona (Covid-19) serta bukti dukungan pada pemerintah, komunitas wartawan yang bertugas di .
  • Rabu, 01 April 2020 - 16:36:43 WIB

    Antisipasi Covid-19, DPC Gerindra Kota Payakumbuh Lakukan Penyemprotan Desinfektan 

    Antisipasi Covid-19, DPC Gerindra Kota Payakumbuh Lakukan Penyemprotan Desinfektan  PADANG, HARIANHALUAN.COM - Mengantisipasi penyebaran virus Corona (Covid-19) yang telah ditetapkan oleh WHO sebagai pandemi, DPC Partai Gerindra Kota Payakumbuh bergerak melakukan penyemprotan disinfektan di wilayah pinggiran.
  • Senin, 30 Maret 2020 - 21:13:42 WIB

    Antisipasi Corona, Relawan 87 Bergerak di Situjuah

    Antisipasi Corona, Relawan 87 Bergerak di Situjuah SITUJUAH, HARIANHALUAN.COM -- Kian merebaknya penyebaran virus Corona (Covid-19) di Sumbar membuat warga kian was-was. Data terakhir di Sumbar, hingga Senin (30/3/2020), sudah sembilan orang yang dinyatakan positif Covid-19. .
  • Senin, 30 Maret 2020 - 18:25:37 WIB

    Antisipasi Corona, Satgas KNPI Sumbar Segera Dibentuk

    Antisipasi Corona, Satgas KNPI Sumbar Segera Dibentuk PADANG PANJANG, HARIANHALUAN.COM -- Sebagai salah satu langkah dalam mengantisipasi dan menangani dampak Covid-19, Dewan Pengurus Daerah Komite Nasional Pemuda Indonesia (DPD KNPI) Provinsi Sumatera Barat berencana membentuk .
  • Senin, 30 Maret 2020 - 06:07:32 WIB

    Antisipasi Sebaran Corona, Sumbar Siapkan Ratusan Ruang Isolasi

    Antisipasi Sebaran Corona, Sumbar Siapkan Ratusan Ruang Isolasi PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Pemprov Sumbar tengah mempersiapkan ratusan lebih ruangan isolasi dalam rangka mengantisipasi kemungkinan terburuk penyebaran virus Corona atau Covid-19 di provinsi itu. Sedikit ada empat lokasi ru.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM