Corona Kian Mengerikan, DPR: Pemerintah Jangan Santai..!


Senin, 02 Maret 2020 - 17:30:13 WIB
Corona Kian Mengerikan, DPR: Pemerintah Jangan Santai..! Ilustrasi

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Anggota Komisi IX DPR RI, Saleh Partaonan Daulay, mengingatkan pemerintah untuk tidak terlalu santai dalam menangkal masuknya virus corona baru atau COVID-19 ke Indonesia. 

Pasalnya, menurut dia, banyak negara-negara di dunia yang telah mengonfirmasi masuknya virus tersebut ke negaranya masing-masing.

Apalagi, kata Saleh, banyak negara saat ini juga meragukan bahwa seluruh wilayah Indonesia tidak ada yang terjangkit virus yang mewabah pertama kali di Kota Wuhan, China, tersebut.

Untuk itu, Saleh meminta kepada pemerintah untuk melakukan pengujian yang lebih massif guna mengetahui kepastian bahwa Indonesia benar-benar bebas dari corona.

"Pemerintah tentu harus tetap tenang. Tapi tidak boleh terlalu santai. Ada kesan tidak melakukan upaya antisipasi yang diperlukan. Indonesia harusnya sama dengan negara-negara lain bekerja keras melindungi warganya," kata Saleh dalam keterangan tertulis yang diterima Haluan.co, Senin (2/3/2020).

Wakil Ketua Fraksi PAN itu menilai, keraguan negara-negara lain terkait Indonesia bebas corona sangat beralasan. Sebab, menurut dia, Indonesia adalah negara dengan jumlah penduduk terbesar keempat.

Apalagi, lanjut Saleh, secara letak geografis, Indonesia terdiri dari 17 ribu pulau yang tersebar dari Sabang sampai Merauke.

“Kita tentu sangat bersyukur jika negara kita bebas corona. Kita harus saling mengingatkan dan saling menjaga. Untuk itu sosialisasi, komunikasi, dan edukasi perlu semakin ditingkatkan," ujarnya.

Saleh mengatakan, klaim Indonesia bebas virus corona yang diragukan oleh negara-negara lain itu harus dibuktikan oleh pemerintah. Salah satunya, menurut dia, dengan melakukan pengujian terhadap sampel-sampel yang lebih banyak.

"Populasinya tidak cukup hanya 150. Harus diperbanyak lagi dan harus lebih mewakili wilayah dan daerah yang ada," katanya.

“Ada yang berpendapat, bahwa di Indonesia sebenarnya sudah ada yang terjangkit. Masalahnya, kementerian kesehatan dan jajaran terkait belum menemukan," pungkasnya. (h/*)

 Sumber : Haluan Media Group /  Editor : Heldi

Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM