Virus Corona Masuk Indonesia, Harga Masker Setinggi Langit!


Senin, 02 Maret 2020 - 18:25:40 WIB
Virus Corona Masuk Indonesia, Harga Masker Setinggi Langit! Masyarakat Padang berburu masker di apotek kawasan Tarandam, Senin (2/3).

PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Virus Corona sudah masuk ke Indonesia. Buktinya, ibu dan anak di Depok, Jawa Barat disebut sudah positif menderita Covid-19. Presiden Jokowi pun sudah menyampaikan bahwa saat ini masyarakat diminta waspada dengan penyebaran virus yang sudah menewaskan ribuan orang tersebut.   

Hal itu pula yang membuat masyarakat di Kota Padang memburu masker untuk mengantisipasi virus tersebut. Namun imbasnya, saat ini harga masker di pasaran meningkat tajam. Kenaikan harga masker itu terlihat dari ramainya masyarakat membeli stok maskes untuk digunakan. 

Terpantau, Senin (2/3), apotek-apotek yang berada di kawasan Tarandam, Kecamatan Padang Timur ramai oleh pembeli masker. Rata-rata, masyarakat membeli masker sebagai upaya untuk mencegah penyebaran virus tersebut. Ini menyebabkan stok masker di apotek-apotek habis dan harganya pun mengalami kenaikan yang sangat signifikan.

Biasanya, saat normal harga sekotak masker yaitu Rp25 ribu sampai Rp 30 ribu. Kali ini, harga sekotak masker bisa mencapai Rp200 ribu. Kebanyakan, masyarakat mencari masker untuk dibeli dalam jumlah banyak sebagai persediaan dan dikirim kepada keluarga yang berada di kawasan terdampak virus tersebut. 

Salah seorang masyarakat, Ola (46) mengatakan, dirinya sengaja membeli masker dengan jumlah banyak lantaran akan dikirim ke Jakarta untuk keluarga yang berada disana. Pasalnya, sejak dikonfirmasi mengenai adanya virus korona di Indonesia, banyak keluarga yang meminta dikirimkan masker.

Meskipun harga sekotak masker mencapai Rp200 ribu, dirinya tetap membeli masker tersebut. "Ini untuk jaga-jaga saja. Jika pakai masker, lebih aman rasanya jika beraktivitas di luar ruangan," jelasnya.

Sementara itu, Apoteker Pengelola Apotek Bunda Medika, Agustina mengatakan, saat ini stok masker yang berada di apoteknya dalam kondisi habis. Kondisi tersebut terjadi sudah sejak dua bulan terakhir sejak mulai beredarnya informasi virus korona yang masuk ke Indonesia.

Dia menambahkan, setiap masyarakat yang datang ke apotek untuk membeli masker, dirinya terpaksa menjual masker secara eceran dan tidak bisa menjual masker dalam jumlah banyak. "Yang dijual secara eceran itu pun merupakan stok lama yang hanya tinggal beberapa saja. Jadi memang stok kita sudah ada tidak ada lagi sejak dua bulan terakhir," jelasnya.

Dia menjelaskan, saat ini harga satu buah masker dijual dengan harga Rp4.000. Sebelum merebaknya virus korona, harga satu buah masker hanya Rp1.000. "Kalau dijual sekotak, harganya melambung hingga Rp200 ribu. Padahal, sebelum corona hanya Rp 25 ribu sampai Rp 30 ribu," ucapnya kepada sejumlah wartawan.

Kenaikan harga ini juga berlaku untuk masker khusus N95. Pasokan masker N95 juga sudah dijual lagi lantaran harganya yang sudah sangat mahal. "Satu buah N95 itu saja saat ini dijual dengan harga Rp20 ribu dan sekotaknya mencapai Rp600 ribu. Sebelumnya, harga satu buah masker N95 hanya Rp15 ribu satu buahnya," ujar Agustina. (*)

loading...
 Editor : Agoes Embun
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]