Ternyata! Olahraga Berlebihan Punya Efek Buruk bagi Kesehatan


Senin, 02 Maret 2020 - 20:28:39 WIB
Ternyata! Olahraga Berlebihan Punya Efek Buruk bagi Kesehatan ilustrasi olahraga

HEALTH, HARIANHALUAN.COM -- Seseorang memang dianjurkan untuk berolahraga secara rutin agar tubuh tetap sehat dan kuat. Namun mesti sesuai porsinya, tidak berlebihan. Biasanya orang yang berolahraga secara berlebihan ialah agar target atau tujuannya cepat tercapai. 

Padahal, itu adalah cara yang salah. Melakukan latihan fisik secara berlebihan justru akan membuat tubuh terkuras dan berisiko mengalami berbagai masalah kesehatan. Beberapa dampak buruk bagi kesehatan bisa Anda rasakan jika berolahraga secara berlebihan seperti dikutip dari beberapa sumber.

1. Melemahnya Sistem Kekebalan Tubuh
Tubuh akan memulihkan dirinya sendiri dari kelelahan setelah berolahraga saat Anda beristirahat di malam hari. Tapi, jika Anda kecanduan berolahraga yang akhirnya menyebabkan susah tidur di malam hari, maka lama kelamaan sistem kekebalan tubuh akan menurun. Akibatnya, Anda jadi mudah terserang batuk, nyeri kepala, demam, dan bahkan berbagai penyakit lainnya yang lebih berat.

2. Osteoarthritis
Disebut juga sebagai penyakit degenerasi sendi, osteoarthritis menyebabkan pembengkakan sendi-sendi di dalam tubuh. Salah satu factor yang menyebabkan masalah kesehatan tersebut adalah terlalu banyak berolahraga.

3. Tidak Baik Bagi Kesehatan Jantung
Berdasarkan penelitian para ilmuwan dari Jerman, olahraga dengan intensitas yang tinggi dapat meningkatkan risiko kematian akibat serangan jantung atau stroke pada orang yang mengidap penyakit jantung. Selain itu, olahraga yang berlebihan juga dapat melemahkan jantung. Jika tidak mengimbanginya dengan mengonsumsi cukup nutrisi, maka berisiko mengalami gagal jantung.

4. Gangguan Menstruasi
Khusus untuk para wanita, tubuh yang kelelahan setelah berolahraga secara berlebihan dapat membuat siklus menstruasi terganggu. Jika hal ini berlangsung lama, maka bukan tidak mungkin risiko kemandulan meningkat.

5. Gangguan Seksual pada Pria
Khusus untuk para pria, olahraga yang terlalu intens bisa memicu terjadinya hipogonadisme, yaitu kondisi ketika hormon seksual yang dihasilkan oleh kelenjar seksual berada di bawah jumlah normal. Akibatnya, pria akan mengalami kesulitan ereksi, hingga infertilitas karena testis tidak dapat memproduksi jumlah sperma yang cukup. Tubuh yang kelelahan akibat olahraga berlebihan juga bisa menurunkan gairah seksual pria.

Jadi, sebaiknya lakukanlah olahraga dalam batas normal, misalnya selama 15 menit, 30 menit, atau sejam setiap hari, atau tiga kali dalam seminggu. Kalau Anda mengalami gangguan kesehatan akibat olahraga terlalu berlebihan, bisa menghubungi dokter dan meminta saran kesehatan. (*)

 Sumber : Haluan Media Group /  Editor : Agoes Embun

Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM