Waspada Corona! Gubernur Anies: 115 Pasien Dalam Pemantauan


Selasa, 03 Maret 2020 - 05:29:12 WIB
Waspada Corona! Gubernur Anies: 115 Pasien Dalam Pemantauan ilustrasi

JAKARTA,HARIANHALUAN.COM -- Dalam kurun waktu satu bulan lebih, sebanyak 115 pasien di DKI Jakarta dalam pemantauan dan ada 32 lainnya dalam pengawasan terkait virus corona. Pemprov DKI juga sedang memproses pembentukan Tim Tanggap Virus Corona.

"Sampai saat ini, selama satu bulan lebih, di DKI ada 115 orang yang dalam pemantauan dan ada 32 orang pasien dalam pengawasan. Ini semua mengikuti kriteria yang ditetapkan oleh Menteri Kesehatan," kata Anies di Markas Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) DKI Jakarta, Ahad (1/3) seperti dilansir republika.co.id.

Langkah yang diambil, kata Anies, Pemprov DKI Jakarta menyiapkan instruksi gubernur (ingub) bukan hanya untuk mengantisipasi penanganan 115 orang dalam pantauan tersebut, tapi juga untuk menyikapi penyebaran virus corona yang terjadi di luar Indonesia.

Karena dalam beberapa hari, kata Anies,ada lebih dari 10 negara yang mengumumkan kasus virus corona pertama di negara mereka, mulai dari Selandia Baru sampai Nigeria. "Instruksi gubernur bagian dari kewaspadaan dan persiapan kita jika terjadi kasus virus corona di Jakarta," kata Anies.

Selanjutnya, kata Anies, pihaknya sedang dalam proses pembentukan Tim Tanggap Virus Corona dengan diketuai oleh Asisten Bidang Kesra, berkoordinasi dengan pemerintah pusat dan melibatkan pemangku kepentingan yang ada di Jakarta. "Kolaborasi ini kita lakukan mengapa kita bergerak cepat dan antisipasi karena Jakarta adalah pintu gerbang Indonesia, kedatangan orang, interaksi dunia internasional porsi terbesarnya ada di Jakarta," katanya.

"Selain ada provinsi lain yang memiliki kunjungan besar. Umumnya wisata. Kemudian Jakarta termasuk bisnis," kata Anies.

Semua ini dilakukan dengan harapan masyarakat merasa tenang dan pemerintah daerah bergerak responsif. Anies mengajak masyarakat tidak panik dan berlebihan dalam merespons.

"Berkegiatan seperti biasa dan jangan menyebarkan berita yang belum terkonfirmasi kebenarannya, namun tetap dalam kondisi bersiaga," katanya.

"Kemudian sering mengecek sebelum menyebarkan kabar dan rujuk kepada kami bila membutuhkan bantuan apabila mencurigai ada kasus yang serupa dengan gejala COVID-19," katanya.

Pemprov bisa dihubungi lewat 112 dan seluruh sarana kesehatan di Pemprov DKI termasuk personalianya akan siap merespons cepat. "Biasakan juga cuci tangan sebagai pencegahan paling baik dan bila sedang batuk atau flu maka pakai masker," tuturnya. (*)

loading...
 Sumber : Republika.co.id /  Editor : Dodi
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]