Menkes Terawan Bicara tentang Empon-empon Penangkal Corona


Selasa, 03 Maret 2020 - 08:08:30 WIB
Menkes Terawan Bicara tentang Empon-empon Penangkal Corona Empon-empon dan rempah diklaim bisa menangkal virus corona.

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Di tengah kewaspadaan terhadap penularan virus corona, muncul resep menangkal virus corona. Resep itu beraroma kearifan lokal, yakni berupa jamu temulawak, jahe, dan kunyit atau yang juga dikenal dengan tanaman empon-empon. Menanggapi itu, Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto bicara soal kekebalan tubuh.

"Semua yang bisa meningkatkan imunitas tubuh berarti itu penangkal," kata Terawan menjawab pertanyaan detikcom perihal kemanjuran jamu penangkal corona, Selasa (3/3/2020).

Jamu temulawak, jahe, dan kunyit dapat meningkatkan kekebalan alias imunitas tubuh terhadap virus. Dengan meminum ramuan herbal itu, kesehatan lebih terjaga. Tentu orang yang sehat bakal susah ditumbangkan virus.

Namun demikian, Terawan tidak memandang temulawak, jahe, dan kunyit sebagai jamu yang bisa secara khusus menangkal COVID-19. Terawan berbicara secara umum. Apapun yang bisa meningkatkan kekebalan tubuh berarti juga bisa menangkal virus, apapun jenis virusnya asalkan masih bisa ditahan kekebalan tubuh manusia.

"Yang umum saja, termasuk apa saja yang bisa meningkatkan imunitas," kata Terawan.

Sebelumnya, Terawan juga pernah berbicara perihal kekebalan tubuh. Dia mengimbau agar masyarakat menerapkan gaya hidup sehat supaya daya tahan tubuh terhadap virus bisa terjaga.

"Kita harus tahulah sifat virus ini apa. Karena virus corona ini ya jelas nggak ada vaksinasinya. Kalau untuk virus belum ada vaksinasi. Dan virus ini akan bisa kerja kalau apa, kalau imunitas kita turun, kalau daya tahan tubuh kita turun," jelas Terawan di kantor Kemenhub, Jalan Medan Merdeka Barat, Gambir, Jakarta Pusat, Senin (27/1) lalu.

"Karena itu cara mencegahnya gampang sekali. Selama imunitasnya baik, gerakan hidup sehat, dan sebagainya, makan tepat waktu, maka akan ada gerakan sarapan pagi bersama," imbuhnya.

Soal jamu penangkal corona, guru besar biologi molekuler dari Universitas Airlangga, Chaerul Anwar Nidom, memaparkan jahe hingga temulawak bisa menangkal virus asal Wuhan itu.

"Jadi sebetulnya untuk menghadapi saat ini (virus Corona) yang sederhana untuk menekan badai sitokin ada yang namanya kurkumin itu terdapat pada jahe, kunyit, temulawak yang buat bumbu masak dan minuman segar itu yang bisa menghambat badai sitokin," kata Chaerul saat berkunjung ke kantor Transmedia di Surabaya, Kamis (6/2).(*)

 Sumber : detik.com /  Editor : NOVA

Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis, 19 Maret 2020 - 10:12:48 WIB

    Hoaks Menkes Terawan Mundur, Netizen Ramai Berkomentar!

    Hoaks Menkes Terawan Mundur, Netizen Ramai Berkomentar! JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Netizen (warganet) sedang ramai membicarakan soal Menkes Terawan mundur. Hal ini dipicu oleh sebuah potongan video yang memperlihatkan Menkes akan melakukan konferensi pers..
  • Selasa, 17 Maret 2020 - 16:01:04 WIB

    Viral Pasien PDP Corona Dilepas RS, Kemenkes Ungkap Fakta Mengejutkan

    Viral Pasien PDP Corona Dilepas RS, Kemenkes Ungkap Fakta Mengejutkan JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Sejak kemarin, beredar video seorang perempuan pasien dalam pengawasan (PDP) terkait virus Corona (COVID-19) yang dilepas oleh rumah sakit begitu saja, tanpa perlu diisolasi. Kementerian Kesehatan .
  • Sabtu, 14 Maret 2020 - 00:13:39 WIB

    Kemenkes Sarankan Liga 1 Tanpa Penonton ke Menpora

    Kemenkes Sarankan Liga 1 Tanpa Penonton ke Menpora NASIONAL, HARIANHALUAN.COM -- Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menyebut telah memberikan saran berupa opsi untuk menggelar Liga 1 2020 tanpa penonton kepada Menpora menyusul wabah virus corona atau Covid-19..
  • Kamis, 12 Maret 2020 - 09:02:30 WIB

    Kemenkes : Penularan Virus Corona Rawan di KRL

    Kemenkes : Penularan Virus Corona Rawan di KRL JAKARTA, HARIANHALUAN.COM -- Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedanberbicara rute KRL-2 atau Bogor-Depok-Jakarta Kota jadi jalur paling berisiko terkontaminasi virus Corona. Juru Bicara Pemerintah terkait COVID-19 Achmad Yuria.
  • Senin, 09 Maret 2020 - 12:36:08 WIB

    Menkes: Kita Terlalu Sibuk Urus Corona

    Menkes: Kita Terlalu Sibuk Urus Corona JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Menteri Kesehatan RI, Terawan Agus Putranto, akan bertolak Kabupaten Sikka, Nusa Tenggara Timur. Kasus demam berdarah dengue (DBD) di Kabupaten Sikka terus melonjak dan telah makan banyak korban..
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM