Pakar Sebut Pakai Masker Saat Sehat Malah Tingkatkan Risiko Infeksi


Selasa, 03 Maret 2020 - 08:29:47 WIB
Pakar Sebut Pakai Masker Saat Sehat Malah Tingkatkan Risiko Infeksi Ilustrasi

JAKARTA, HARUANHALUAN.COM - Presiden Jokowi mengonfirmasi dua orang Indonesia positif terjangkit virus Corona COVIC-19. Dua orang ini berinteraksi dengan WN Jepang yang sempat masuk ke wilayah Indonesia.

Berdasarkan pernyataan Jokowi, WN tersebut diketahui merupakan seorang ibu 64 tahun, dan anaknya 31 tahun. Sebenarnya perlu tidak sih memakai masker agar tidak tertular virus corona COVID-19?

Mengutip Forbes, sekalipun ada kasus virus corona COVID-19, sebenarnya kita tidak perlu memakai masker demi mencegah penularan virus corona baru ini.

Menurut pakar infeksi, Eli Perencevich, MD, orang yang sehat tidak membutuhkan masker sama sekali sebagai langkah pencegahan virus corona baru COVID-19.

"Rata-rata orang yang sehat tidak perlu memiliki masker dan seharusnya mereka tidak menggunakannya," ujar dr Perencevich.

"Tidak terbukti bahwa orang yang sehat telah terlindungi karena pengaruh masker. Justru jika mereka memakai masker dengan cara yang salah, dapat menimbulkan infeksi karena masker yang dikenakan lebih sering menyentuh wajah," tambahnya.

Ia mengatakan memakai masker diperlukan jika memang sedang sakit. Namun kebanyakan orang memborong masker dan memakainya untuk menghentikan serangan COVID-19 terhadap tubuhnya dengan melindungi hidung dan mulutnya. Padahal COVID-19 ditularkan melalui droplet atau percikan dahak, bukan melalui udara.

"Jika kamu ingin mengenakan masker, pakailah jika kamu memang benar-benar sakit," kata dr Perencevich.

"Dan jika kamu terserang flu atau mengira kamu telah terserang COVID, pada saat itulah kamu harus mengenakan masker untuk melindungi keluarga di rumah atau orang lain yang kamu temui," pungkasnya.(*)

 Sumber : detik.com /  Editor : NOVA

Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Ahad, 15 Maret 2020 - 20:29:08 WIB

    Pakar UI Sebut Pemerintah Pusat 'Gagap' soal Informasi Corona

    Pakar UI Sebut Pemerintah Pusat 'Gagap' soal Informasi Corona JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Maraknya hoaks virus corona SARS-CoV-2 disebut merupakan imbas dari kekosongan informasi virus yang dibutuhkan oleh masyarakat. Hoaks dipercaya masyarakat karena kebutuhan informasi masyarakat tak .
  • Sabtu, 22 Februari 2020 - 21:31:37 WIB

    Pakar Tsunami Widjo Kongko Bantah Sesar Surabaya Membesar

    Pakar Tsunami Widjo Kongko Bantah Sesar Surabaya Membesar JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Pakar tsunami Widjo Kongko membantah informasi yang menyebutkan patahan lempeng bumi membesar di daerah Surabaya dan sekitarnya. Meski benar ada sesar Surabaya, namun potensi gempa hanya satu fakto.
  • Senin, 10 Februari 2020 - 23:26:30 WIB

    Alat Deteksi Virus Corona Kemenkes RI Diragukan, Begini Tanggapan Pakar

    Alat Deteksi Virus Corona Kemenkes RI Diragukan, Begini Tanggapan Pakar JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Badan Kesehatan Dunia (WHO) sempat mengatakan Indonesia harus melakukan persiapan lebih matang lagi untuk menghadapi wabah virus corona. Mereka khawatir Indonesia tidak bisa mendeteksi virus terseb.
  • Jumat, 07 Februari 2020 - 08:14:13 WIB

    Dituding Jebak PSK, Pakar Sebut Andre Rosiade Bisa Dikenai Pasal Ini

    Dituding Jebak PSK, Pakar Sebut Andre Rosiade Bisa Dikenai Pasal Ini JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Pengajar hukum di Universitas Trisakti Asep Iwan Iriawan mengatakan pihak yang menjebak pekerja seks agar diproses kepolisian bisa dijerat dengan pasal penyertaan..
  • Kamis, 30 Januari 2020 - 19:15:44 WIB

    Duh..! Jokowi Disebut Nyinyir oleh Pakar Ekspresi

    Duh..! Jokowi Disebut Nyinyir oleh Pakar Ekspresi JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyebut-nyebut nama Basuki Tjahja Purnama (Ahok) dalam acara Imlek Nasional. Jokowi juga sempat menyinggung absennya Komut PT Pertamina itu. Ekspresi Jokowi saat melo.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM