BPS: Kunjungan Wisatawan Mancanegara ke Sumbar Turun, Gara-gara Virus Corona?


Selasa, 03 Maret 2020 - 09:13:34 WIB
BPS: Kunjungan Wisatawan Mancanegara ke Sumbar Turun, Gara-gara Virus Corona? Ilustrasi

PADANG, HARIANHALUAN.COM - Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Sumbar, Pitono mengatakan terjadi penurunan jumlah wisatawan mancanegara (wisman) ke Sumbar dalam pendataan dua bulan terakhir (Januari-Februari 2020) yang berpengaruh terhadap sektor pariwisata. Hal itu, tidak terlepas dari dampak fenomena virus corona yang kian mewabah.

"Terkait beberapa sektor, seperti sektor pariwisata, dengan adanya isu corona, kunjungan wisman mengalami penurunan, tidak hanya di Sumbar saja namun secara nasional di Indonesia merasakan hal yang sama," ungkap Pitono yang diwawancarai awak media, Senin (2/3) di ruang Vicon BPS Sumbar.

Data yang dirangkum BPS Sumbar, per Januari 2020, jumlah wisman yang datang ke daerah hanya 4.341 orang, lebih rendah dari periode yang sama tahun sebelumnya sebanyak 4.528 orang.

Jika melihat data perbandingan dari tahun sebelumnya, sepanjang 2019 jumlah wisman yang mendatangi Sumbar sebanyak 61.131 orang atau meningkat 12,41 persen dibandingkan tahun sebelumnya sebanyak 54.383 orang.

Untuk tahun ini, wisman yang mengunjungi Sumbar masih didominasi dari negara Malaysia, sebanyak 3.416 orang atau mencapai 78 persen dari total wisman yang datang ke Sumbar. 

Sebelum adanya virus corona, sambung Pitono, penumpang penerbangan internasional lebih stabil.

"Kunjungan wisman sebelumnya lebih stabil, bahkan di kalimantan ada peningkatan kunjungan wisman. Pada 2 bulan terakhir ada penurunan signifikan, penyebabnya pengaruh virus corona," jelasnya.

Wisatawan diperkirakan akan tetap mengurangi aktifitas berwisata ke mancanegara selama masih adanya fenomena virus corona.

"Apalagi pernyataan presiden hari ini, 2 orang WNI yang bermukin di Depok dinyayakan positif corona. Yang namanya pengumuman presiden selalu berdampak, tapi seberapa besar dampaknya kita belum tau. Kita liat pengaruhnya di bulan depan. BPS hanya memotret apa yang terjadi dan dijadikan pelajaran di bulan-bulan berikutnya," kata dia.

Sementara itu, pengamat ekonomi yang juga Direktur Eksekutif Economi Action (Econact) Indonesia, Ronny P Sasmita mengatakan ada faktor lain yang mempengaruhi sektor pariwisata.

"Pertumbuhan ekonomi kuartal pertama berpeluang di bawah 5%, meskipun peluangnya tidak terlalu besar. Selain faktor corona yang mengganggu kinerja sektor pariwisata, faktor belanja pemerintah yang biasanya di awal tahun belum terlalu signifikan dan dorongan investasi yang kurang progresif di kuartal pertama," ungkap Ronny.

Namun, Ronny menambahkan, Sumbar masih berpeluang berada dalam trend 5%, sebagaimana tahun-tahun belakangan ini.

"Mengingat konsumsi rumah tangga yang terbilang lumayan stabil dibanding dengan konsumsi rumah tangga di level nasional, serta topangan remitansi yang selama ini ikut membantu tingkat konsumsi masyarakat, kemungkinan Sumbar masih berpeluang dalam trend 5%," jelasnya menambahkan.

Agar pertumbuhan ekonomi tidak memburuk ke level di bawah 5%, Ronny menuturkan beberapa antisipasi.

"Antisipasi yang paling utama adalah menjaga daya beli dan tingkat komsumsi rumah tangga, terutama untuk 40 persen masyarakat kelas menengah ke bawah, yang rawan jatuh ke bawah garis kemiskinan, dengan kebijakan-kebijakan dan program-program sosial kesejahteraan, termasuk insentif-insentif ekonomi bagi kalangan menengah ke bawah," kata nya.

Ke dua, belanja modal pemerintah daerah harus fokus pada pembenahan infrastruktur di sektor-sektor unggulan, yang akan mengungkit produktifitas dan kinerja sektor tersebut di satu sisi (termasuk produktifitas ekspor) dan akan memperlebar lapangan usaha di sisi lain. Intervensi semacam ini, diakui Ronny sangat diperlukan.

Dan ke tiga, belanja modal juga harus fokus pada fasilitasi investasi, dibarengi dengan pembenahan dan singkronisasi regulasi antara provinsi dan kabupaten kota, guna akselerasi investasi. (*)

Reporter : Yessi Swita /  Editor : NOVA

Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM