Pilihan Mobil yang Bisa Dibeli dengan Gaji Rp 3-4 Jutaan


Selasa, 03 Maret 2020 - 10:00:59 WIB
Pilihan Mobil yang Bisa Dibeli dengan Gaji Rp 3-4 Jutaan Ilustrasi

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Dengan penghasilan per bulan antara Rp 3 juta-Rp 4 juta per bulan, Anda sebenarnya sudah bisa membeli mobil. Namun dengan catatan pilihan modelnya terbatas, kemungkinan besar hanya mobil tipe LCGC (Low Cost Green Car).

"Iya karena paling murah memang di kisaran segitu. Kelas-kelasnya ya mobil LCGC," bilang Perencana Keuangan dari Advisors Alliance Group Indonesia, Andy Nugroho, dalam perbincangan dengan detikOto, pekan lalu.

Jika disimulasikan dengan perkiraan harga, Andy mengatakan mobil dengan harga Rp 150 jutaan, menjadi pilihan paling masuk akal bagi orang dengan penghasilan Rp 3 juta-Rp 4 juta per bulan.

Mobil di rentang harga tersebut pilihannya cukup banyak. Dari LCGC kapasitas 5 penumpang ada merek New Daihatsu Ayla 1.2 R AT DLX E4 yang dibanderol Rp 155.350.000, Toyota Agya 1.2 G M/T TRD Rp 150.600.000, Honda Brio E M/T Rp 154.700.000, serta Suzuki Karimun Wagon R GS AGS Rp 149.000.000.

Sementara untuk LCGC berkapasitas 7 penumpang, pilihannya ada New Toyota Calya G M/T Rp 151.200.000 dan Daihatsu Sigra 1.2 X AT MC Rp 150.050.000.

Supaya bisa mengajukan kredit mobil dengan kisaran penghasilan tersebut, Andy menyarankan supaya menabung terlebih dahulu untuk biaya uang muka. Biaya uang muka ideal dipatok 20 persen dari harga jual mobil. Artinya, dengan harga mobil sekitar Rp 150 juta, maka uang muka yang perlu dibayar adalah Rp 30 juta.

Tapi jika ingin angsurannya ringan, Andy menyarankan supaya memperbesar uang mukanya.

"Karena hitung-hitungan cicilan per bulan itu maksimal 30 persen dari penghasilan. Jadi misal gaji Rp 4 juta maka cicilan dia ketemu di angka Rp 1,2 juta per bulan. Kalau ternyata cicilannya lebih besar dari itu, biasanya enggak lolos di BI checking. Artinya, untuk bisa mendapat cicilan Rp 1,2 juta DP-nya harus digedein sama dia," jelas Andy.

Kami coba menyimulasikan biaya cicilan Rp 1,2 juta dikali tenor waktu 5 tahun atau 60 bulan, maka ketemu angka Rp 72 juta di luar bunga. Kasarnya, jika ingin mendapatkan angka cicilan seperti itu, maka Anda perlu membayar uang muka tak kurang dari Rp 78 juta.

Jika uang muka dan cicilan per bulan tersebut dirasa masih terlalu cukup berat, menurut Andy pilihannya bisa beralih ke mobil dengan harga lebih murah, yang ada di angka Rp 100 jutaan. Dan jika ingin lebih terjangkau lagi, pilihannya adalah mobil bekas.

"Mau nggak mau harus beli mobil seken. Mobil yang kita incar yang masuk akal dengan penghasilan kita apa? Berarti harus cari yang harganya kisaran Rp 30-Rp 40 jutaan. Dan komprominya pastinya dapatnya tahun tua dan mereknya juga mungkin bukan merek mainstream lah kayak Toyota gitu pasti nggak dapat. Mungkin yang bisa kita dapat kayak Chevrolet, Hyundai, KIA," ujar Andy.(*)

 Sumber : detik.com /  Editor : NOVA

Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM