Virus Corona Kian Mewabah, Warga Dilarang 'Cipika-cipiki'


Selasa, 03 Maret 2020 - 11:41:47 WIB
Virus Corona Kian Mewabah, Warga Dilarang 'Cipika-cipiki' Ilustrasi

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Tengah mengalami krisis kesehatan akibat virus corona COVID-19 membuat Prancis melarang warganya untuk 'cipika-cipiki' atau cium pipi kanan dan cium pipi kiri sebagai bentuk pencegahan penyebaran virus. Hingga kini sebanyak 100 orang terinfeksi COVID-19 di Prancis dan dua di antaranya meninggal dunia.

Cipika-cipiki merupakan salam tradisional di Prancis yang mempunyai nama sebutan 'la bise' dan biasa dilakukan untuk menyambut seseorang dalam sebuah pertemuan.

"Pengurangan kontak sosial yang bersifat fisik sangat disarankan. Termasuk dalam la bise ini," Menteri Kesehatan Prancis, Olivier Veran, seperti dikutip dari New York Post.

Sementara itu tak hanya di Prancis, komisaris khusus penanganan COVID-19 di Italia, Angelo Borrelli juga memperingatkan untuk menghindari kontak fisik selama wabah virus ini berlangsung. Lantaran mengingat 1.694 orang telah terinfeksi COVID-19 di negaranya.

"Kami memiliki kehidupan sosial yang sangat ramah dan luas. Kami sering melakukan kontak, kami berjabat tangan, kami saling mencium, kami saling berpelukan," kata Borrelli.

"Mungkin lebih baik untuk tidak berjabat tangan dan terlalu banyak kontak selama wabah ini berlangsung," lanjutnya.(*)

 Sumber : cnnindonesia /  Editor : NOVA

Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Senin, 30 Maret 2020 - 06:58:58 WIB

    WHO Bantah Virus Corona Menular Lewat Udara

    WHO Bantah Virus Corona Menular Lewat Udara JAKARTA, HARIANHALUAN.COM -- Mitos mengenai virus corona dan COVID-19 menyebar secepat penyakitnya. Salah satu mitos yang masih banyak dipercaya masyarakat adalah virus ini airborne atau menular lewat udara. Mengenai itu, o.
  • Ahad, 29 Maret 2020 - 20:22:41 WIB

    Istri PM Kanada Trudeau Sembuh dari Virus Corona

    Istri PM Kanada Trudeau Sembuh dari Virus Corona JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Sophie Gregoire-Trudeau, istri Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau, telah berhasil pulih dari virus corona COVID-19, katanya pada Sabtu (28/3) waktu setempat..
  • Ahad, 29 Maret 2020 - 08:26:03 WIB

    WHO Uji Coba Obat Virus Corona Terbaru di Malaysia

    WHO Uji Coba Obat Virus Corona Terbaru di Malaysia JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) memilih Malaysia sebagai negara yang akan diuji coba untuk obat Virus Corona atau Covid-19..
  • Sabtu, 28 Maret 2020 - 17:58:59 WIB

    Korsel Prioritaskan Ekspor Alat Tes Virus Corona untuk Indonesia, Ini Alasannya

    Korsel Prioritaskan Ekspor Alat Tes Virus Corona untuk Indonesia, Ini Alasannya JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Korea Selatan (Korsel) menjadikan Amerika Serikat, Uni Emirat Arab (UEA) dan Indonesia sebagai tiga negara prioritas tujuan ekspor produk medis terkait Corona, seperti alat tes virus Corona (COVID-.
  • Sabtu, 28 Maret 2020 - 13:22:50 WIB

    Ngeri! 969 Kematian Pasien Virus Corona dalam Sehari di Negara Ini

    Ngeri! 969 Kematian Pasien Virus Corona dalam Sehari di Negara Ini ROMA, HARIANHALUAN.COM - Otoritas Italia melaporkan angka kematian harian yang tertinggi karena virus corona sejak pandemi COVID-19 terjadi di negeri Eropa itu..
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM