Cara Mudah Membuat Hand Sanitizer Gel Sendiri di Rumah


Selasa, 03 Maret 2020 - 11:51:49 WIB
Cara Mudah Membuat Hand Sanitizer Gel Sendiri di Rumah Ilustrasi

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Mencuci tangan dengan sabun dan air hangat masih merupakan cara terbaik untuk menghilangkan kuman dan terhindar dari virus corona. Hanya saja terkadang Anda seringkali kesulitan untuk mencari tempat untuk mencuci tangan dengan sabun. Pilihan lainnya, Anda bisa menggunakan cairan pembersih tangan. Anda pun bisa membuatnya sendiri di rumah.

Sebagai catatan, hand sanitizer sebaiknya hanya digunakan untuk membersihkan tangan ketika Anda tidak memiliki akses ke sabun dan air. Cairan pembersih tangan juga sebaiknya tidak digunakan terlalu sering.

Untuk membuat cairan pembersih tangan sendiri, berikut ini bahan-bahan yang Anda perlukan, seperti yang dilansir WikiHow. 

2/3 cangkir alkohol gosok (isopropyl alcohol) atau vodka
1/3 cangkir jel lidah buaya
1/2 sdt minyak vitamin E (opsional)
8-10 tetes minyak esensial, seperti lavender, peppermint, atau lemon

Campurkan semua bahan dalam wadah tertutup hingga rata. Jika terlalu encer, tambahkan jel lidah buaya. 

Kandungan alkohol dalam alkohol gosok dan vodka diklaim membunuh sebagian besar bakteri dan beberapa virus, sedangkan minyak lidah buaya dan vitamin E membantu menjaga kulit Anda tetap lembap.

Beberapa minyak esensial, seperti pohon teh dan lavender, dilaporkan memiliki sifat antibakteri dan antivirus, meskipun Anda harus menggunakannya dengan hati-hati dan melakukan tes tempel untuk alergi terlebih dahulu.

Selain memiliki fungsi antiseptik, essential oil berguna untuk menetralisir bau dari alkohol. Tambahkan essential oil bila Anda menginginkan aroma yang lebih kuat. Jika tidak suka dengan lavender, daun mint, atau lemon, essential oil seperti tea tree juga bisa dipakai.

Hanya saja, Anda juga tak bisa mengandalkan hand sanitizer sepenuhnya. Lebih baik mencuci tangan secara rutin dengan sabun dan menggosoknya dengan benar sesuai yang disarankan WHO untuk mencegah penyebaran virus corona.

Catatan: Berhati-hatilah saat membuat dan mencampurkan semua bahannya dan jauhkan dari jangkauan anak-anak. Semua bahan bisa didapatkan di pasaran. (*)

 Sumber : cnnindonesia /  Editor : NOVA

Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Rabu, 01 April 2020 - 13:40:58 WIB

    Masker Kain Boleh Dipakai Ulang, Bagaimana Cara Mencucinya Agar Steril?

    Masker Kain Boleh Dipakai Ulang, Bagaimana Cara Mencucinya Agar Steril? JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Kelangkaan masker bedah membuat orang beralih ke jenis masker lain, salah satunya masker kain. Meski kemampuan menyaring partikel tak sebagus masker bedah, masker kain tetap bisa dipakai dalam kond.
  • Selasa, 31 Maret 2020 - 10:05:49 WIB

    Cara Aman Keluar Rumah ketika Harus Cari Nafkah Saat Pandemi Corona

    Cara Aman Keluar Rumah ketika Harus Cari Nafkah Saat Pandemi Corona JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Pemerintah tak pernah bosan mengimbau masyarakat untuk tetap di rumah selain Physical Distancing guna memutus rantai penyebaran virus corona COVID-19. Kenapa? karena menghindari kerumunan dan inter.
  • Kamis, 26 Maret 2020 - 06:49:47 WIB

    Mengenal Kanker Tenggorokan: Gejala, Jenis, hingga Cara Mencegah

    Mengenal Kanker Tenggorokan: Gejala, Jenis, hingga Cara Mencegah JAKARTA, HARIANHALUAN.COM -- Kanker tenggorokan adalah tumor ganas yang berkembang di tenggorokan (faring), kotak suara (laring) atau amandel. Tenggorokan sendiri merupakan tabung berotot yang dimulai dari belakang hidung hin.
  • Senin, 23 Maret 2020 - 19:40:59 WIB

    Pasar Tutup dan Tak Ada Tukang Sayur, Ini Cara Dapatkan Bahan Segar

    Pasar Tutup dan Tak Ada Tukang Sayur, Ini Cara Dapatkan Bahan Segar JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Beberapa penjual sayur dan pasar tradisional mulai mengurangi aktivitas. Lalu bagaimana supaya kebutuhan bahan segar bisa tercukupi?.
  • Ahad, 22 Maret 2020 - 08:06:44 WIB

    10 Cara Tradisional untuk Atasi Batuk Kering

    10 Cara Tradisional untuk Atasi Batuk Kering JAKARTA, HARIANHALUAN.COM -- Batuk merupakan masalah yang bisa sangat mengganggumu dan juga menakutkan bagi orang lain. Pada kondisi rentan infeksi seperti saat ini, ketika kamu batuk maka akan muncul ketakutan baik dalam dir.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM