Cegah Penyebaran Corona, DPR Ingin Indonesia Tiru Singapura


Selasa, 03 Maret 2020 - 12:18:31 WIB
Cegah Penyebaran Corona, DPR Ingin Indonesia Tiru Singapura Foto: Ilustrasi masker (ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan)

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM -- Wakil Ketua DPR Sufmi Dasco Ahmadmeminta pemerintah membuka crisis center sebagai pusat informasi penanganan virus Corona. Hal itu dimaksudkan agar tak ada perbedaan informasi yang disampaikan pemerintah pusat dan daerah.

"Untuk informasi yang tidak simpang siur, dan monitoring yang terpadu, oleh pemda, memang sebaiknya pemerintah pusat segera membuat semacam crisis center yang selain gunanya supaya termonitoring secara terpadu juga, informasi yang keluar juga sebaiknya dari satu pintu," kata Dasco di gedung DPR, Senayan, Jakarta, Selasa (3/3/2020).

"Karena kita lihat nanti ada ketidaksinkronan informasi dari pemerintah pusat atau pemerintah daerah di mana ada satu daerah yang terdampak virus corona misalnya," imbuhnya.

Dasco juga menyoroti kurangnya penanganan pemerintah terhadap pendatang dari luar negeri. Menurutnya, Indonesia perlu belajar dari negara lain untuk meminimalisir penyebaran virus Corona.

"Nah memang kita harus contoh negara negara seperti Singapura ataupun di Asia kemudian Malaysia misalnya, itu menangani orang yang datang dari luar negeri, saya pikir itu bisa dicontoh. Sehingga bisa meminimalisir virus corona yang datang dari luar," ujarnya.

Selain itu, Dasco juga mengimbau masyarakat tak panik menyikapi kabar ada warga yang positif virus Corona. Ia meminta pemerintah daerah ikut menenangkan warganya.

"Kita sudah juga monitor bahwa pemerintah daerah itu di banyak daerah sudah melakukan tindakan-tindakan pencegahan dan juga monitoring, dan juga ikut menenangkan aksi masyarakat yang panik karena ada pengumuman dua warga Indonesia kemarin yang terkena virus Corona," ujar Dasco. (*)

Editor : Milna | Sumber : Detik
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]