Kemenhub Batasi Penerbangan ke-4 Negara Ini karena Virus Corona


Selasa, 03 Maret 2020 - 13:22:46 WIB
Kemenhub Batasi Penerbangan ke-4 Negara Ini karena Virus Corona Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi tiba di kantor Kementerian Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan untuk menghadiri rapat yang membahas masuknya kapal Cina di Zona Ekonomi Ekslusif wilayah perairan Natuna Utara. TEMPO/Francisca Christy

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM -- Pemerintah membuka kemungkinan membatasi penerbangan dari dan ke beberapa negara menyusul merebaknya Virus Corona.

"Potensinya ada (membatasi penerbangan)," ujar Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta pada Selasa, (3/3/2020).

Sejauh ini, kata Budi, pemerintah sudah membahas rencana pembatasan penerbangan untuk empat negara yakni Korea Selatan, Jepang, Italia dan Iran. "Jadi baru empat negara itu yang dibahas," ujar dia.

Sejauh ini, memang empat negara ini memiliki kasus terbanyak positif Covid-19. Per 1 Maret 2020, Korea Selatan mengonfirmasi 376 kasus pasien baru yang terjangkit virus corona. Dengan begitu total seluruh Korea Selatan ada 3.526 orang yang terinfeksi virus corona. Jumlah itu terbesar untuk negara di luar Cina.

Sementara di Iran, per 2 Maret 2020, Wakil Menteri Kesehatan Iran Alireza Raisi melaporkan sebanyak 523 infeksi dan 12 kematian baru terkait virus corona. Sehingga total kasus virus corona di Iran per Senin malam mencapai 1.501 kasus dengan 66 kematian. Wakil Presiden Iran ke-7, Massoumeh Ebteka bahkan ikut terjangkit.

Sementara di Jepang dan Italia, kasus positif Covid-19 juga bertambah dari hari ke hari. Jepang sudah ada 239 kasus yang berkaitan dengan virus Corona. Enam di antaranya bahkan meninggal. Adapun di Italia saat ini mencatat ada 2.000 lebih kasus virus Corona di negaranya, menurut laporan yang dikutip Channel News Asia, Selasa 3 Maret 2020.

Italia disebut sebagai pusat penyebaran epidemi terbesar sekaligus negara dengan dampak terparah akibat wabah COVID-19 di Eropa. (*)

 Sumber : Tempo /  Editor : Milna

Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM