Tampung Aspirasi Masyarakat, Alirman Sori Reses ke Kota Pariaman


Selasa, 03 Maret 2020 - 14:10:22 WIB
Tampung Aspirasi Masyarakat, Alirman Sori Reses ke Kota Pariaman Anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Republik Indonesia (RI) Alirman Sori lakukan reses ke kota Pariaman, Selasa (3/3/2020).

PARIAMAN, HARIANHALUAN.COM -- Guna menjaring aspirasi daerah untuk ditindaklanjuti di Pemerintahan pusat, Anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Republik Indonesia (RI) Alirman Sori lakukan reses ke kota Pariaman, Selasa (3/3/2020).

"Sebagai perwakilan daerah di pusat, hari ini saya mengujungi Kota Pariaman dalam kunjungan kali ini banyak persoalan yang disampaikan pemerintahan daerah. Tentang peluang-peluang dan hambatan yang dihadapi Kota Pariaman yang memerlukan dorongan politik," kata Alirman Sori.

Ia menyampaikan, mulai dari permasalahan ASN hingga pembangunan yang dilakukan oleh Pemerintahan Kota Pariaman yang membutuhkan bantuan dari pemerintah pusat, disebabkan oleh keterbatasan APBD Pariaman untuk proyek yang bersakala besar di daerah itu.

"Banyak hal yang disampaikan pada saya, tentu kewajiban konstitusional sabgai anggota DPD, kami akan berjuang menyakinkan pemerintah pusat melalui kementerian yang ada untuk meyakinkan tentang tanggungjawab pemerintah pusat," katanya.

Lebih lanjut, Senator asal Sumbar ini menyampaikan agar persoalan yang dihadapi pemerintah daera ditangani secara bertahap oleh pemerintah pusat dalam rangka percepatan pembangunan baik secara fisik maupun non fisik.

"Pembangunan ekonomi, pembangunan sumber daya manusia dan pembangunan fisik lainya. Tentu, untuk mewujudkanya tidak seperti membalikan telapak tangan saja, tetapi membutuhkan waktu secara bertahap," ujarnya.

Untuk itu, ia akan mendorong pemerintahan pusat untuk bisa mengupayakan itu, hal tersebut adalah salah satu fungsi DPD RI sebagai jembatan pemerintahan daerah dengan pemerintah pusat untuk terus memperjuangkan aspirasi daerah yang diwakilinya.

Sementara itu, Walikota Pariaman Genius Umar menyampaikan tentang berbagai pembangunan yang dilakukan oleh pemerintah Pariaman yang dananya berasal dari pemerintah pusat, ia juga menyampaikan tentang pembangunan masjid terapung yang sedang berjalan prosesnya.

"Untuk masjid terapung ini sedang berjalan tetapi APBD terbatas, untuk itu kami sampaikan tentang peluang-peluang yang bisa diambil untuk ini," katanya.

Selain itu, dalam pertemuan ini juga membahas tentang undang-undang otonomi daerah yang menjadi isu kontradiktif, seperti semacam suatu urusan yang seharusnya urusan pemerintah daerah tetapi dialihkan ke pemerintah pusat.

"Salah satunya tentang catatan sipil dimana dalam undang-udang otonomi daerah itu kewenangan daerah. Namun dalam prakteknya tantang tugas banyak sekali otoritas yang masuk," katanya.

Selaku Walikota, Genius mengapresiasi apa yang dilakukan oleh Alirman Sori dalam menjaring aspirasi ini. Karena itu adalah kewenangannya sebagai jembatan antara pemerintah daerah dan pemerintah pusat. (*)

Reporter : Yuhendra /  Editor : Milna

Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM