Selain Nenas, Brokoli Bisa Jaga Daya Tahan Tubuh


Selasa, 03 Maret 2020 - 16:45:56 WIB
Selain Nenas, Brokoli Bisa Jaga Daya Tahan Tubuh Ilustrasi. Nanas dikenal sebagai salah satu sumber vitamin C yang dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh. (olgakr/Thinkstock)

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM -- Alih-alih panik karena virus corona, akan lebih baik jika Anda berupaya untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh. Vitamin C dikenal sebagai salah satu asupan terbaik untuk menjaga daya tahan tubuh.

Mengutip situs Cleveland Clinic, vitamin C merupakan 'booster' terbesar daya tahan tubuh. Riset menunjukkan, vitamin C penting untuk perbaikan dan pertumbuhan jaringan di seluruh tubuh. 

Namun, tubuh tak memproduksi vitamin jenis ini. Hal itu membuat Anda harus menyisipkan makanan yang mengandung vitamin C dalam menu makan harian.

Tak hanya jeruk, vitamin ini juga terdapat pada sederet makanan lain. Berikut mengutip Healthline.

1. Stroberi

Warna merah cerah dan rasa asam manis yang menyegarkan membuat stroberi begitu disukai. Setiap 100 gram stroberi mengandung 59 miligram vitamin C.

Selain itu, stroberi juga mengandung mangan, flavonoid, asam folat, dan senyawa antioksidan penting lainnya. Tak heran jika buah ini juga dapat melindungi diri Anda dari kanker, penyakit kardiovaskular, demensia, dan diabetes.

2. Jambu biji

Jambu biji berasal dari Meksiko atau negara-negara Amerika Selatan. Satu buah jambu biji seberat 100 gram mengandung 228 miligram vitamin C. Buah satu ini juga mengandung antioksidan jenis likopen.

Selain mendorong kinerja daya tahan tubuh, konsumsi jambu biji juga bisa membantu menurunkan tekanan darah dan kadar kolesterol. Hal ini terbukti dari studi yang melibatkan 45 orang. Mereka diminta mengonsumsi 40 gram jambu biji atau 7 buah jambu biji per hari. Hasilnya, tekanan darah menurun signifikan dan kadar kolesterol turun.

3. Nanas

Nanas tak pernah absen dari sajian seporsi rujak. Buah satu ini diketahui menjadi salah satu sumber vitamin C. Dalam 100 gram nanas mengandung sebanyak 47,8 miligram vitamin C.

Kandungan vitamin ini jadi modal bagi nanas untuk memerangi penyakit yang mengganggu tubuh. Konsumsi nanas pun dipercaya membantu memperlancar pencernaan karena kandungan enzim bromelain.

4. Pepaya

Pepaya mudah ditemukan di negara-negara tropis, termasuk Indonesia. Dalam 100 gram pepaya terdapat 61 miligram vitamin C atau setara dengan 68 persen kebutuhan vitamin harian. Tak hanya menangkal tubuh dari penyakit, vitamin ini juga mampu melindungi otak dari inflamasi.

Dalam sebuah studi, 20 orang dengan Alzheimer diberikan ekstrak pepaya selama 6 bulan. Hasil menunjukkan penurunan inflamasi dan penurunan stres oksidatif sebesar 40 persen.

5. Brokoli

Dari golongan sayur-mayur, brokoli juga bisa menjadi asupan vitamin C yang dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh. Dalam 100 gram brokoli, Anda bisa memperoleh 89 miligram vitamin.

Sejumlah studi telah membuktikan hubungan antara konsumsi vitamin C berbasis sayuran dengan penurunan stres oksidatif, peningkatan sistem kekebalan tubuh, serta penurunan risiko kanker dan penyakit jantung. (*)

 Sumber : CNN /  Editor : Milna

Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM