Kota Solok Belum Terapkan Kartu Nikah


Selasa, 03 Maret 2020 - 17:08:46 WIB
Kota Solok Belum Terapkan Kartu Nikah Plt. Kepala Kemenag Kota Solok, Alizar

SOLOK, HARIANHALUAN.COM -- Program pergantian buku nikah menjadi kartu nikah yang diluncurkan pada 2018 oleh Kementerian Agama masih belum berjalan sepenuhnya. Sarana prasarana menjadi salah satu penyebab khususnya di daerah.

lga (27) salah seorang warga Kota Solok yang beberapa waktu lalu menikah mengatakan, ia hanya menerima buku nikah biasa. “Saya hanya dapat buku nikah biasa, tidak ada kartu nikah. Saya baru tahu juga informasi soal kartu tersebut,” ucapnya.

Ia menyampaikan, kalau pun ada mungkin suatu hal yang bagus terutama untuk identitas agar menjadi lebih simpel. “Kalau memang ada sih bagus. Jadi kita tak perlu bawa buku nikah kemana-mana. Cukup pakai kartu aja,” kata Olga.

Plt Kepala Kantor Kemenag Kota Solok, Alizar mengatakan, secara Nasional, belum banyak yang mengaplikasika kartu nikah, termasuk di Kota Solok “Kalau pun ada hanya kota-kota besar seperti Jakarta. Kalau di sini (Solok) belum. Karena tentu mempersiapkan sarana prasarananya. Karena Kementrian Agama itu sentralisasinya pusat, jadi tidak saja Kota Solok, tapi Indonesia itu masih dalam tahap penyempurnan,” ucapnya Selasa (25/2). 

Dia mengatakan, keberhasilan bergantung kenyataan di lapangan, karena bersifat kondisional. Ia mencontohkan, kondisi Kota Solok tidak bisa disamakan dengan Kabupaten Solok. “Karena kalau ini sudah dilaksanakan tentunya meyangkut masalah IT, litrik dan lainnya. Kadang kita siap tapi IT tidak siap,” kata Alizar.

Menurutnya, kartu nikah dan seritifikat nikah itu seluruh Indenesia masih dalam keadaan proses penyempurnaan. Karena ada yang sudah terlaksana dan ada yang belum.  “Jadi memang belum terpadu seluruh Indonesia sesuai kondisi dan situasi negeri ini. Jadi termasuk di Kota Solok, malah kalau kami di kota ini bisa saja langsung selesai (kartu nikah) di saat nikah itu, kadang ada gangguan,” ujarnya.

“Kartunya sudah ada, untuk maksimalnya belum. Sehingga diproses pernikahan berlangsung itu masih endingnya sama dengan yang lama jadi diserahkan buku nikah biasa,” tuturnya menambahkan.

Ia menyampaikan, penggunaan kartu nikah dan buku nikah masih diperbolehkan. Karena menurutnya belum ada pematalan buku nikah dengan terbitnya kartu nikah. Kalau yang lama tidak berlaku, sementara yang baru belum maksimal. Nah, untuk itu harus difinalkan yang baru dahulu jadi pembatalan buku nikah belum ada, malah masih dicetak buku nikahnya. 

"Jadi kalau ada atu daerah yang sudah punya kartu nikah dan buku nikahnya masih ada, atau daerah yang sudah sampai ke level bisa menghasilkan kartu yang buku nikah tetap ada, jadi dapat dua,” tuturnya. 

Seperti diketahui, kartu nikah itu merupakan salah satu modul yang disediakan dalam apikasi Simkah Web. Selain kartu nikah, Simkah Web juga menyediakan modul layanan yang bisa diakses publik secara online. Modul tersebut adalah pendaftaran nikah online dan survey kepuasan masyarakat terhadap layanan Kantor Urusan Agama (KUA) secara online.

Selain menjadi salah satu bentuk dokumen legalitas pernikahan, ada beberapa manfaat kartu nikah: Pertama, mempermudah akses layanan KUA di seluruh Indonesia. Pasangan yang menikah di Papua, dapat mengakses layanan di Jakarta atau daerah manapun yang bersangkutan berada. 

Kedua, kartu nikah juga dapat digunakan sebagai data pendukung yang akurat untuk memenuhi persyaratan dalam urusan perbankan atau lainnya tanpa melampirkan buku nikah atau pun legalisasi buku nikah. Sebab,  data nikah yang terekam pada kartu ini dijamin keasliannya. 

Ketiga, meminimalisir dan mencegah terjadinya pemalsuan buku nikah yang marak terjadi. Kartu nikah dilengkapi kode QR yang terhubung dengan aplikasi Simkah. Dengan kartu nikah, bisa memangkas dan meminimalisir adanya kerugian yang dialami masyarakat akibat  buku nikah palsu. (*)

loading...
Reporter : Rivo Septi Andries /  Editor : Agoes Embun
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]