Alhamdulillah, 8,1 Ton Beras Disalurkan untuk Korban Bencana di MTS


Selasa, 03 Maret 2020 - 17:18:02 WIB
Alhamdulillah, 8,1 Ton Beras Disalurkan untuk Korban Bencana di MTS Sejumlah kenderaan double cabin milik Pemkab Pasaman tampak dipersiapkan untuk mengangkut beras bantuan ke wilayah terdampak bencana MTS.

PASAMAN, HARIANHALUAN.COM -- Sebanyak 8,1 ton beras cadangan pangan pemerintah (CPP) mulai didistribusikan untuk warga terdampak bencana di Nagari Muaro Seilolo, Kecamatan Mapattunggul Selatan, Kabupaten Pasaman, Selasa (3/3/2020).

Beras yang disalurkan oleh Pemerintah Kabupaten Pasaman, untuk korban bencana alam di MTS tersebut berasal dari cadangan pangan milik Pemerintah Provinsi Sumatera Barat.

Bantuan beras itu diserahkan langsung oleh Wakil Gubernur Nasrul Abit, di Gelanggang Olahraga Rakyat (Gelora) Tuanku Imam Bonjol, usai batal mengunjungi wilayah terdampak bencana baru-baru ini. Bantuan diterima langsung Sekda Kabupaten Pasaman, Mara Ondak.

"Ada 8.190 Kilogram beras yang kita salurkan mulai hari ini ke daerah terdampak bencana di Mapattunggul Selatan," ucap Kepala Dinas Pangan Kabupaten Pasaman, Syafrialis.

Beras bantuan itu, kata Syafrialis disalurkan untuk 260 Kepala Keluarga (KK) atau 1.820 jiwa warga terdampak bencana banjir bandang beberapa waktu lalu di Nagari Muaro Seilolo.

"Dari data yang kita terima dari Walinagari dan Camat, bantuan beras ini disalurkan untuk jorong 1 dan jorong 2 di Nagari Muaro Seilolo, Mapattunggul Selatan," katanya.

Mantan Kadis Perikanan ini membenarkan, bahwa bantuan 8,1 ton beras itu merupakan bantuannya Pemprov Sumbar. Namun, beras cadangan pangan pemerintah yang tersimpan di gudang Bulog itu bisa diambil atas permintaan pihaknya.

"Ya, itu beras berasal dari Pemprov Sumbar, cq Dinas Pangan Provinsi. Tapi atas permintaan Dinas Pangan Kabupaten Pasaman, berdasarkan data dari walinagari dan camat, sesuai jumlah yang terdampak bencana," katanya.

Jika bantuan itu masih kurang, kata Syafrialis, barulah cadangan pangan milik Pemkab Pasaman di Gudang Bulog daerah itu dikeluarkan, untuk selanjutnya disalurkan bagi para korban.

"Belum, nanti kalau masih kurang baru dari Pemda. Dan, hari ini kita melihat dilapangan, apakah perlu kita tambah. Kita menunggu datanya dulu dari wali dan camat," tukas Syafrialis Datuak Labiah ini.

Dikatakan, sejumlah kenderaan double cabin milik Pemkab Pasaman dilibatkan untuk mengangkut pendistribusian beras bantuan tersebut ke lokasi bencana di Mapattunggul Selatan.

"Hanya dengan mobil double gardan yang bisa kesana (Muaro Seilolo). Kenderaan biasa tidak akan naik, karena sulitnya medan. Penyalurannya dibawah pengawasan TNI/Polri," katanya.

Dari informasi yang dihimpun, sejumlah kejorongan di Nagari Muaro Seilolo, yakni Jorong Tombang, Jorong Rotan Getah, Jorong Sei Lolo, Muaro dan Pintuai belum pernah mendapatkan bantuan logistik pasca nagari itu dihantam bencana hebat. (*)

loading...
Reporter : Yudi Lubis /  Editor : Milna
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]