Awas Ada Ular Masuk Kendaraan saat Musim Hujan, Begini Cara Pencegahannya


Selasa, 03 Maret 2020 - 17:22:01 WIB
Awas Ada Ular Masuk Kendaraan saat Musim Hujan, Begini Cara Pencegahannya Ular menyusup masuk kendaraan. Foto/kompas.com

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM -- Ketika musim hujan, penampakan ular yang memasuki pemukiman warga sepertinya sudah menjadi hal yang biasa.

Tidak hanya itu, kerap kali binatang melata ini juga ditemukan berlindung pada kendaraan roda empat.

Namun hal mengejutkan baru-baru ini terjadi, video yang viral di twitter memperlihatkan seekor ular yang berada di dasbor bawah motor Honda Beat, menjadi tontonan warga ketika proses evakuasi.

Padahal, jika dilihat di video tersebut ular berwarna coklat loreng itu memiliki ukuran yang cukup besar, tetapi mampu masuk ke sela-sela bagian bawah skuter mati (skutik) rakitan PT Astra Honda Motor.

Technical Service Divison PT Astra Honda Motor (AHM), Endro Sutarno, mengatakan, hal seperti ini bisa saja terjadi apalagi saat musim hujan.

“Ular kan suka mencari tempat yang hangat dan kering, makanya suka berlindung di mesin mobil ataupun dasbor motor. Apalagi jika motor di parkir di daerah yang cenderung masih banyak habitat ularnya, contoh di dekat sawah,” ujar Endro ketika dihubungi Kompas.com belum lama ini di Jakarta.

Endro menjelaskan, kendaraan yang sudah lama tidak digunakan atau dipanaskan memang bisa menjadi tempat bersarangnya para binatang.

“Mungkin awalnya hanya singgah, namun kalau kendaraan sudah tidak lama digunakan bisa dijadikan sarang. Hal ini harus diperhatikan oleh pemilik motor, karena jika hewan yang bersarang adalah tikus, bisa jadi merusak kabel kelistrikan sehingga akan merusak kendaraan,” ujar Endro.

Ia menyarankan pemilik kendaaran sebaiknya selalu memperhatikan lokasi parkir kendaraan, pastikan area tersebut aman tidak dan tidak ada binatang yang bersarang. Selain itu wajib untuk memanaskan kendaraan minimal dua hari sekali untuk menjaga kinerja mesin motor. (*)

 Sumber : Kompas.com /  Editor : Milna

Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM