UPTD LH Kota Pariaman Mulai Lakukan Pengembangan Labor


Selasa, 03 Maret 2020 - 18:21:06 WIB
UPTD LH Kota Pariaman Mulai Lakukan Pengembangan Labor PETUGAS labor LH Kota Pariaman sedang melakukan uji sampel kualitas air dari sampel yang masuk ke UPTD tersebut. TRISNALDI

PARIAMAN, HARIANHALUAN.COM - UPTD Laboratorium Lingkungan Hidup (LH) Kota Pariaman terus berupaya untuk pengembangan labor dengan cakupan layanan daerah yang lebih luas.

Kepala Laboratorium LH, Ferry Abidin menjawab harianhaluan.com, Selasa (3/3-2020) menyebut, ada dua cara yang dilakukan, yaitu intensifikasi objek, pengujian dalam kota dan ekstensifikasi dengan laboratorium atau instansi LH di luar daerah.

Baca Juga : PAUD Puti Bungsu Padang Panjang Tonjolkan Budaya Minangkabau

Untuk ekstensifikasi, pihaknya sudah coba lakukan pendekatan dengan sejumlah daerah, seperti Kabupaten Kampar, Pekanbaru, Muaro Bungo di Provinsi Jambi.

“Sementara untuk intensifikasi dengan memanfaatkan penerapan regulasi LH untuk penertiban usaha/kegiatan yang berdampak lingkungan agar patuh melakukan pengujian kualitas lingkungan,” sebutnya.

Baca Juga : Genius Umar Buka Bimtek Penyelesaian Sengketa Informasi Publik

Selama ini, penerapan melakukan pengujian lingkungan oleh pelaku usaha yang berdampak lingkungan, hanya biasa-biasa saja, dan ada pula yang kurang peduli.

Kini, tak demikian lagi, usaha yang berdampak lingkungan wajib menguji, menentukan kualitas dan mengelola lingkungan agar tetap dibawah baku mutu yang diharuskan.

Baca Juga : Baznas Kota Pariaman Berikan Zakat Program Taqwa untuk 484 Guru MDTA

Disebutkan Ferry Abidin, dalam dua bulan ini sudah masuk 104 sampel pengujian kualitas air, sungai, IPAL dan Air Bersih. (h/tri)

 

Baca Juga : Nilai Kepatuhan Standar Pelayanan Publik, Ombudsman Akan Merapor Pemda, Kepolisian dan Kantah se-Sumbar

 

Reporter : Trisnaldi | Editor : Heldi
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]