Corona Masuk Indonesia, Pemko Payakumbuh Imbau Warga Tak Panik


Selasa, 03 Maret 2020 - 18:50:02 WIB
Corona Masuk Indonesia, Pemko Payakumbuh Imbau Warga Tak Panik Imbauan untuk masyarakat.

PAYAKUMBUH, HARIANHALUAN.COM - Di tengah peliknya kasus Virus Corona (Covid-19) yang mulai masuk ke Indonesia. Wali Kota Payakumbuh Riza Falepi melalui Kepala Dinas Kesehatan mengatakan pihak Pemko tetap komit dan siaga dalam mengantisipasi kasus ini di tengah masyarakat, agar masyarakat tidak terlalu cemas dan khawatir terhadap penyebaran covid-19 ini.

"Kita tetap menyiapkan sistim rujukan yang terencana dan aman, bila kita temukan kasus, mulai dari Puskesmas ke Rumah Sakit Umum Adnaan WD Payakumbuh, hingga ke RSUD M. Djamil Padang," kata Bakhrizal saat dihubungi via telpon selulernya, Selasa (3/3).

Baca Juga : Pantauan Perkembangan Covid-19 di Sumbar: Positif 114, Sembuh 92, dan Meninggal Dunia 1 Orang

Dikatakannya, informasi apapun tentang perkembangan kasus dan bagaimana penjagaan agar virus tersebut tidak sampai masuk ke Sumatra Barat terus dilakukan, dan Dinas Kesehatan Kota Payakumbuh juga sudah berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan Provinsi Sumbar untuk terus memantaunya.

Masyarakat diminta agar tidak panik dan tidak berspekulasi berlebihan bila berkontak dengan orang-orang yang mengalami gangguan pernafasan ataupun orang-orang yang penyakitnya bergejala seperti flu.

Baca Juga : Update Zonasi Covid-19 di Sumbar Minggu Ke-57, Kabupaten 50 Kota Jadi Zona Merah

"Bila ada saudara kita yang sakit, segera datang ke puskesmas terdekat, Pemko siap memberikan pelayanan kesehatan bagi warga, kalau perlu informasi, tanyakan ke petugas tentang gejala-gejala penyakit yang bisa timbul bila terpapar virus corona, sehingga kita bisa tau informasi yang benar," kata Bakhrizal.

Selain pihak Pemko Payakumbuh,  terus melakukan koordinasi dengan Pemprov Sumbar untuk informasi seputar perkembangan kasus corona. Dari dalam, petugas di Puskesmas juga diminta untuk aktif memantau di wilayah kerjanya.

Baca Juga : Antisipasi Karhutla, Sumbar akan Tambah Alat Gurdian

"Hingga saat ini, ..mudah mudahan,  di Kota Payakumbuh belum kita temui kasus ini. Semogs tidak ada selamanya," ingat Bakhrizal. (hzkf)

Reporter : Zulkifli | Editor : Heldi
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]