Anggaran Infrastuktur Pessel Terbesar di Kecamatan Sutera


Selasa, 03 Maret 2020 - 18:53:30 WIB
Anggaran Infrastuktur Pessel Terbesar di Kecamatan Sutera Bupati Hendrajoni saat membuka Musrenbang di Kecamatan Sutera.

PAINAN, HARIANHALUAN.COM - Bupati Pesisir Selatan Hendrajoni, menyebutkan, anggaran yang digelontorkan untuk pembangunan infrastruktur di Pesisir Selatan yang terbesar adalah di Kecamatan Sutera.

"Setidaknya sekitar Rp22 miliar dana pusat sudah direalisasikan untuk pembangunan jalan, dan sejumlah infrastruktur lainnya disini," kata Bupati Hendrajoni saat membuka Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) di Kecamatan Sutera, Selasa (3/3).

Baca Juga : Pantauan Perkembangan Covid-19 di Sumbar: Positif 101, Sembuh 158, dan Meninggal Dunia 4 Orang

Untuk tahun ini, lanjut bupati, pembangunan di Kecamatan Sutera bakal di fokuskan ke irigasi, puskesmas, dan pasar. Bahkan, hasil musrenbang tersebut bakal segera dibahas di tingkat kabupaten.

"Sekitar 23 kilometer pembangunan jalan sudah direalisasikan di Kecamatan Sutera. Selanjutnya, kami berencana bakal membangun Puskesmas di Nagari Kayu Gadang, Pasar Sutera, Irigasi Nagari Aur Duri, dan sejumlah prasarana lainnya," ucapnya lagi.

Baca Juga : Hasil Dua Operasi Polda Sumbar, Ratusan Tersangka Sudah Ditangkap

 

Menurutnya, pembangunan jalan, irigasi dan pasar merupakan hal penting yang mesti dilaksanakan tanpa meninggalkan antara satu dengan yang lainnya karena saling berkaitan.

Baca Juga : Wabup Pasaman Sabar AS Minta PMI Jaga Ketersediaan Stok Darah

 

"Semuanya bakal dilaksanakan secara serentak, sehingga benar-benar berdampak baik pada peningkatan ekonomi masyarakat setempat," tuturnya.

Baca Juga : Operasi Antik Singgalang 2021 di Pasaman, 20 Paket Ganja Kering Diamankan

Sementara itu, Camat Sutera, Fachrudin mengatakan, secara keseluruhan usulan rencana pembangunan di tingkat kecamatan mencapai 324 usulan, dan selanjutnya digodok, hingga mengerucut menjadi 88 usulan.

 

"Insya Allah, secara keseluruhan usulan tersebut sudah mewakili seluruh pembangunan di Kecamatan Sutera," ujarnya.

Dalam pelaksanaan pembangunan di Kecamatan Sutera, katanya, dibagi menjadi enam sektor kawasan unggulan, yakni perkebunan Gambir seluas 3.420 hektare kemudian potensi perkebunan lainnya adalah Sawit seluas 3.630 hektare.

"Selanjutnya sektor unggulan lainnya adalah pertanian, peternakan, perdagangan, perikanan dan wisata," ucapnya. (h/kis)

 

 

Reporter : Okis | Editor : Heldi
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]