Imam Masjid Tiap Kecamatan di Pessel Akan Digaji


Selasa, 03 Maret 2020 - 19:10:10 WIB
Imam Masjid Tiap Kecamatan di Pessel Akan Digaji Bupati Hendrajoni saat menyerahkan SK kepada salah satu imam besar masjid Kecamatan Sutera, Selasa (3/3).

PAINAN, HARIANHALUAN.COM - Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatra Barat, tahun ini bakal memberikan honor imam besar masjid (garin) pada masing-masing kecamatan di daerah itu sebesar Rp4 juta. Honor tersebut sudah termasuk tunjangan perumahan dan kesehatan.

"Ya, setiap kecamatan kami menyediakan satu imam masjid yang nantinya bakal di gaji menggunakan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD)," kata Hendrajoni usai menyerahkan Surat Keputusan (SK) Bupati kepada imam besar masjid Kecamatan Sutera, Selasa (3/3).

Baca Juga : Pantauan Perkembangan Covid-19 di Sumbar: Positif 101, Sembuh 158, dan Meninggal Dunia 4 Orang

Ia mengatakan, ada sejumlah persyaratan penting jika menjadi Imam Masjid, yakni harus hafidz qur'an sebanyak 5 juz, sangat mengerti tentang agama dan syariat Islam.

Menurutnya, kebijakan menganggarkan honor imam masjid, sesuai dengan visi dan misi bupati yakni, Mandiri, Unggul, Agamis, dan Sejahtera.

Baca Juga : Hasil Dua Operasi Polda Sumbar, Ratusan Tersangka Sudah Ditangkap

"Upaya ini untuk mewujudkan Pesisir Selatan yang agamis serta masyarakat yang berakhlak mulia, sopan santun, beretika terhadap sesama," tuturnya.

Pengangkatan satu imam masjid pada kecamatan, juga diharapkan bakal diikuti oleh pemerintah nagari untuk mengangkat satu imam masjid pada nagari masing-masing.

Baca Juga : Wabup Pasaman Sabar AS Minta PMI Jaga Ketersediaan Stok Darah

"Untuk menentukan siapa yang pantas menjadi imam masjid, nanti yang menentukan adalah masing-masing pihak kecamatan," ucapnya. (h/kis)

 

Baca Juga : Operasi Antik Singgalang 2021 di Pasaman, 20 Paket Ganja Kering Diamankan

 

 

Reporter : Okis | Editor : Heldi
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]