Berikan Kesempatan Daftar KIP Kuliah, Pendaftaran SNMPN 2020 Diperpanjang


Selasa, 03 Maret 2020 - 21:26:58 WIB
Berikan Kesempatan Daftar KIP Kuliah, Pendaftaran SNMPN 2020 Diperpanjang Pendaftaran SNMPN 2020

SURABAYA, HARIANHALUAN.COM - Pendaftaran SNMPN 2020 yang semula dijadwalkan 6 Januari hingga 6 Maret 2020, akhirnya diperpanjang hingga 13 Maret 2020. Keputusan ini disampaikan oleh Dr Zainal Arief, ST, MT, Ketua SNMPN 2020, Selasa (3/3) di Kampus PENS usai menerima informasi sinkronisasi KIP Kuliah dengan SNMPN.

Bagi calon peserta/siswa sekolah yang akan melanjutkan pendidikan di Perguruan tinggi bidang vokasi atau Politeknik dan Politani Negeri di seluruh wilayah Indonesia dari keluarga yang kurang mampu serta membutuhkan pembiayaan KIP Kuliah akan diberikan perpanjangan waktu pendaftaran.

“Informasi KIP Kuliah ini merupakan salah satu yang dinantikan oleh banyak calon peserta, mengingat batas waktu pendaftaran yang sangat mepet dengan jadwal akses KIP Kuliah yang baru di rilis awal Maret ini,” imbuhnya.

Bagi calon peserta/siswa yang sebelumnya telah mendaftar SNMPN namun belum melakukan finalisasi, dapat memanfaatkan KIP Kuliah ini. “Jika ada peserta yang belum mendaftar atau bahkan bias jadi sudah mendaftar SNMPN dan belum dilakukan finalisasi, maka bias mendaftar KIP Kuliah serta melanjutkanke proses finalisasi,” terang Dr. Zainal.

Tak hanya itu,menurutnya KIP Kuliah juga dapat dimanfaatkan untuk jalur Seleksi Bersama Masuk Politeknik Negeri (SBMPN) 2020 yang akan dibuka setelah jalur SNMPN.

Jika masih kesulitan mendaftar KIP-Kuliah, calon peserta/siswa sekolah bias langsung mengakses ke laman http://kip-kuliah.kemdikbud.go.id/.

Pendaftaran bias dilakukan secara mandiri dengan mengikuti alur. Setelah masuk kelaman tersebut, system akan melakukan validasi terkait Nomor Induk Kependudukan (NIK), Nomor Induk Siswa Nasional (NISN), Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN), dan kelayakan mendapatkan KIP Kuliah. Jika dinyatakan berhasil, calon peserta/siswa sekolah akan mendapatkan Nomor Pendaftaran dan KodeAkses ke surat elektronik (e-mail) yang telah didaftarkan. Setelah itu, proses pendaftaran KIP Kuliah pun selesai.

Dr Zainal menjelaskan, bagi calon peserta/siswa sekolah yang belum memiliki KIP Kuliah bias memanfaatkan perpanjangan waktu ini untuk segera mendaftar. “Dari tahun ketahun peminat Politeknik atau pendidikan vokasi di Indonesia meningkat. Kami membuka akses seluas-luasnya agar calon peserta bias melanjutkan pendidikan tinggi,” imbuhnya.

Dr  Zainal berharap agar calon mahasiswa yang belum tersaring melalui jalur SNMPN, ini tidak berkecil hati. Calon mahasiswa harus tetap positif dan bersemangat karena masih ada jalur penerimaan mahasiswa politeknik yang lain, yaitu jalur SBMPN yang akan dirilis dalam waktu dekat, serta jalur Mandiri yang akan dibuka sekitar bulan Juni mendatang. (h/*)

 

 

 Sumber : Rilis /  Editor : Heldi

Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM