IDI: Cegah Corona, Cuci Tangan 20-30 Detik


Selasa, 03 Maret 2020 - 23:52:00 WIB
IDI: Cegah Corona, Cuci Tangan 20-30 Detik Satgas Waspada dan Siaga NcoV PB IDI dr Erlina Burhan.

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Satgas Waspada dan Siaga NcoV PB Ikatan Dokter Indonesia (IDI), dr Erlina Burhan, meminta masyarakat rajin mencuci tangan guna mencegah penyebaran virus corona atau Covid-19. Saat ini, dua warga di Indonesia sudah positif terkena virus corona.

Selama ini, Erlina menyebut masyarakat masih sembarangan mencuci tangan dan hanya lima detik. Padahal, sesuai anjuran cuci tangan yang baik harus melawati enam langkah dan gunakan sabun.

"Waktunya itu 20-30 detik. Sama kaya nyanyikan lagu happy birthday dua kali," ujar Erlina dalam acara Indonesia Lawyers Club (ILC) di tvOne, Selasa, 3 Februari 2020.

Ia menambahkan jika masyarakat panik dan cemas yang berlebih. Justru dengan perasaan panik dan cemas bisa mempengaruhi sistem kekebalan tubuh.

"Kalau cemas itu tidak bisa tidur. Kalau tak cukup tidur mempengaruhi sistem imun kita," ujarnya.

Ia pun menyayangkan sikap warga yang terlalu panik berlebihan terhadap virus corona. Padahal, menurutnya kasus tuberkulosis yang jauh lebih berbahaya dari virus corona.

"Tuberkulosis 98 ribu meninggal dunia dan masyarakat biasa saja bahkan masih bisa senyum-senyum. 11 orang per jam angka kematian," ujarnya.

Pemerintah, kata Erlina, harus lebih waspada dalam pengawasan dan deteksi dini agar virus corona tak menyebar luas. Tak hanya itu, ia juga meminta pemerintah memperhatikan petugas kesehatan.

"Fasilitas kita ada beberapa belum terpenuhi terutama alat pelindung diri. Tolonglah petugas kesehatan dibantu agar bekerja nyaman. Kita dituntut kerja ikhlas dan 24 jam tapi bikin kita nyaman juga," ujarnya. (h/*)

 Sumber : vivanews /  Editor : Heldi

Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM