Partai Masyumi Bangkit Kembali, Pengamat: Wajar Saja!


Rabu, 04 Maret 2020 - 10:03:23 WIB
Partai Masyumi Bangkit Kembali, Pengamat: Wajar Saja! Ilustrasi M.Natsir dalam kampanye Partai Masyumi. tirto.id/Gery

POLITIK,HARIANHALUAN.COM- Usulan Partai Islam tunggal menuai respons positif dari aktivis islam seperti mantan politikus PPP, Ahmad Yani dan politikus PBB, MS Ka'ban yang mewacanakan kebangkitan Masyumi atau Masyumi 'Reborn'.

Keduanya dikabarkan akan mendeklarasikan organisasi partai islam yang pernah besar tersebut. 

Baca Juga : Daftarkan Logo Partai atas Nama SBY, Ketua DPC PD Dharmasraya: Cegah Penyalahgunaan oleh Pihak Lain

Untuk diketahui, Partai Majelis Syuro Muslimin Indonesia atau disingkat menjadi Masyumi, adalah sebuah partai politik Islam terbesar di Indonesia di era Presiden Soekarno.

Direktur Eksekutif Indonesia Political Review (IPR), Ujang Komarudin menganggap wajar dan hak keduanya untuk mendirikan Masyumi reborn, dan harus dihargai.

Baca Juga : DPC Partai Demokrat Dharmasraya Sampaikan Surat Pengaduan dan Perlindungan Hukum ke Polres Setempat

"Mungkin saja mereka berdua ingin mengembalikan dan menghadirkan kejayaan Masyumi dimasa lalu untuk kejayaan saat ini dan mendatang," ujar Ujang seperti dilansirubungi SINDOnews, Rabu (4/3/2020).

Namun kata Ujang, menghadirkan kejayaan Masyumi di saat ini tidaklah mudah, karena perlu perjuangan keras. 
Menurut dia, perlu usaha maksimal untuk menyatukan mantan tokoh Masyumi, pendukung, anak keturunannya, dan juga terpenting butuh support dari umat Islam Indonesia.

Baca Juga : Terjun ke Politik, Athari Gauthi Ardi: Ingin Kampung Seperti Jakarta

Di sisi lain, perlu juga ditawarkan gagasan baru yang kekinian untuk menghadapi tantangan zaman dan mendekati umat Islam dan seluruh rakyat Indonesia. Ia menekankan harus ada perbedaan konsep dan program dengan partai-partai Islam yang saat ini ada.

"Jangan sampai hanya menduplikasi atau me-reborn konsep Masyumi. Tapi gagasannya out of date dan sama dengan partai-partai Islam lainnya," kata Ujang.

Baca Juga : Ada Gerakan Mau Kudeta Cak Imin dari Kursi Ketum PKB, Benarkah?

"Jadi, jika Maysumi mau reborn, atau istilah saya new Masyumi bagus-bagus saja. Namun perlu strategi yang jitu agar dapat simpati umat Islam dan rakyat Indonesia," imbuhnya.(*)

Editor : Dodi | Sumber : Sindonews.com
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]