Waspada! Tiga Pasien Positif Corona di Singapura Pernah ke Batam


Rabu, 04 Maret 2020 - 11:24:12 WIB
Waspada!  Tiga Pasien Positif Corona di Singapura Pernah ke Batam Singapura mencatat enam pasien virus corona, tiga diantaranya pernah ke Batam. (Foto: CNN Indonesia/Damar)

SINGAPURA,HARIANHALUAN.COM--- Singapura mengungkap enam wWarga Singapura dinyatakan positif corona,  (Covid-19) baru. Tiga dari enam pasien diketahui memiliki riwayat melakukan perjalanan ke Batam.

Kementerian Kesehatan Singapura menuturkan pasien pertama atau dalam situs resminya disebut kasus 103 merupakan seorang perempuan berusia 37 tahun. Warga Singapura yang dinyatakan positif corona pada Minggu kemarin itu dilaporkan tidak memiliki riwayat perjalanan dari China atau pun Korea Selatan.

"Tetapi dia dilaporkan pernah ke Batam pada 21-23 Februari lalu," bunyi pernyataan Kemenkes Singapura melalui situs resminya seperti dilansir CNNIndonesia,  Senin, 02/03/2020.


Perempuan tersebut kini tengah dikarantina di Pusat Penyakit Menular Nasional (NCID). Perempuan itu juga memiliki hubungan keluarga dengan dua orang lainnya yang lebih dulu didiagnosa positif corona yakni kasus 93 dan 101.

Sebelum dikarantina di fasilitas kesehatan, perempuan yang bekerja di Asia Asset Recovery Pte Ltd itu dikabarkan telah mengisolasi diri sendiri di rumahnya pada 26 Februari. Ia sempat melaporkan memiliki gejala Covid-19 dan mencari pertolongan medis pada 25 Februari.

Pasien kedua atau kasus 104 merupakan perempuan asal Myanmar berusia 25 tahun. Ia dilaporkan tidak memiliki riwayat perjalanan ke China atau Korea Selatan namun tercatat pernah pergi ke Batam pada 21-23 Februari. 

Perempuan Myanmar ini merupakan asisten rumah tangga pasien 103. Serupa dengan sang majikan, ia kini tengah dikarantina di NCID.

Pada Sabtu (29/3), Singapura juga mengonfirmasi dua kasus baru corona, salah satunya yakni pasien 101 dikabarkan memiliki riwayat perjalanan juga ke Batam. 

Pasien tersebut dilaporkan seorang pria berusia 61 tahun. Ia juga dilaporkan tidak memiliki riwayat perjalanan ke China dan Korea Selatan, namun pernah pergi ke Batam pada 21-23 Februari.

Saat ini, pria Singapura itu tengah diisolasi di Rumah Sakit Umum Ng Teng Fong (NTFGH). Dia memiliki hubungan keluarga dengan pasien 103.

Pria tersebut dikabarkan mulai mendapati gejala Covid-19 pada 25 Februari. Ia pernah pergi ke unit gawat darurat NTFGH pada 28 Februari dan sejak itu langsung diisolasi.

Sementara itu, tiga kasus virus corona lainnya yakni pasien 105, 106, dan 102 dilaporkan tidak memiliki riwayat perjalanan dari China, Korea Selatan, dan juga Indonesia.

Sejauh ini, Badan Kesehatan Dunia (WHO) mencatat ada 106 kasus virus corona terkonfirmasi di Singapura dengan nihil kematian. Sejauh ini sudah ada 74 pasien positif corona yang dinyatakan sembuh di Singapura, termasuk seorang asisten rumah tangga asal Indonesia. (cnni)

 Sumber : CNNIndonesia.com /  Editor : Dodi

Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Rabu, 08 April 2020 - 06:51:49 WIB

    Waspada! Virus Corona Juga Berisiko Sebabkan Kegemukan

    Waspada! Virus Corona Juga Berisiko Sebabkan Kegemukan JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Virus corona mengguncang dunia sejak akhir tahun lalu. Angka kematian yang melonjak setiap harinya, kehancuran ekonomi, dan sebaran virus di mana pun membuat pemerintah akhirnya memutuskan untuk ka.
  • Selasa, 03 Maret 2020 - 15:19:22 WIB

    Waspada! Wanita Hamil Paling Rentan Terkena Virus Corona

    Waspada! Wanita Hamil Paling Rentan Terkena Virus Corona JAKARTA, HARIANHALUAN.COM -- Semua orang panik dengan virus corona, terlepas dari pernyataan para ahli dan jaminan dokter bahwa mayoritas orang yang tertular memiliki gejala sangat ringan..
  • Ahad, 23 Februari 2020 - 02:46:54 WIB

    Waspada! Inilah Waktu Serangan Jantung yang Paling Bahaya

    Waspada! Inilah Waktu Serangan Jantung yang Paling Bahaya HEALTH, HARIANHALUAN.COM -- Ashraf Sinclair, suami Bunga Citra Lestari meninggal dunia karena serangan jantung pagi hari pada Selasa (18/2) lalu. Kematian Ashraf Sinclair ini pun juga menjadi perhatian media Malaysia. Seranga.
  • Sabtu, 25 Januari 2020 - 19:43:51 WIB

    KKP Waspada! Besok, Rombongan Turis dari China Masuk ke Sumbar

    KKP Waspada! Besok, Rombongan Turis dari China Masuk ke Sumbar PADANG,HARIANHALUAN.COM-Rombongan wisatawan dari Kota Kunming, China akan masuk ke Sumbar melalui Bandara Internasional Minangkabau (BIM) hari Minggu besok (26/1/2020).Mereka langsung datang dari China dengan pesawat catera.
  • Jumat, 24 Januari 2020 - 14:28:08 WIB

    Waspada! Pulang Umrah, Satu Warga Sumbar Suspect Virus Corona

    Waspada! Pulang Umrah, Satu Warga Sumbar Suspect Virus Corona PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Virus Corona atau wabah pneumonia yang tengah menjadi sorotan di Cina diduga mulai datang ke Sumatera Barat (Sumbar). Satu pasien terpaksa masuk ruang isolasi karena dicurigai atau suspect terhad.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM