Wabup Ferizal Ridwan Kunjungi Wanita Binaan asal Limapuluh Kota di Panti Sosial Sukarami


Rabu, 04 Maret 2020 - 14:17:52 WIB
Wabup Ferizal Ridwan Kunjungi Wanita Binaan asal Limapuluh Kota di Panti Sosial Sukarami Wakil Bupati Limapuluh Kota melakukan kunjungan kerja untuk memastikan data dan kondisi warga binaan panti sosial yang dikirim ke Sukarami.

SOLOK, HARIANHALUAN.COM - Sejak 4 tahun terakhir ini, setidaknya sudah 60 orang lebih wanita asal Limapuluh Kota yang dikirim ke panti sosial Sukarami, Kabupaten Solok. Dari 60 orang tersebut, umumnya merupakan wanita yang terjaring operasional Satuan Polisi Pamong Praja yang melanggar Perda Penyakit Masyarakat dan dikirim untuk direhabilitasi.

Hal itu diketahui ketika Wakil Bupati Limapuluh Kota melakukan kunjungan kerja untuk memastikan data dan kondisi warga binaan panti sosial yang dikirim ke Sukarami.

"Sekitar 60 orang lebih asal dari Kabupaten Limapuluh Kota yang dikirim ke sini dan dua tahun terakhir ini ada sebanyak 6 orang," terang Ermansyah, Kepala Seksi Pelayanan dan Kebutuhan Panti Sosial Sukarami pada Selasa (3/3) siang. Diterangnya, semua wanita yang dititipkan di UPTD Panti Sosial Karya Wanita Andam Dewi Solok itu, wajib mengikuti pembinaan selama 6 hingga 8 bulan.

"Untuk pembinaan, tergantung dari wanita yang dititipkan. Kalau sudah membaik atau ada perubahan, bisa cepat dikembalikan. Tetapi apabila tidak ada perubahan pada wanita yang dititipkan bisa jadi untuk mengikuti lebih dari 8 bulan bahkan sampai setahun. Karena disiplin di sini tinggi, ada juga yang berani kabur, melarikan diri. Dari Limapuluh Kota juga ada wanita binaan yang melarikan diri," terangnya lagi.

Sesuai dengan SOP, setiap warga binaan akan dibina secara mental, pendidikan agama serta dibekali dengan keterampilan selama 6 sampai 8 bulan, atau sampai mereka sadar dan kembali kepada maayarakat. "Setelah ke luar dari sini, mereka juga dimodali berbagai peralatan untuk membuka usaha sendiri. Tetapi kendala selama ini, wanita yang keluar kesulitan dana. Dan karena itu mereka kembali lagi dengan perilaku yang lama, ditangkap dan dikirim ke sini. Ada yang berkali-kali jadi warga binaan. Ini perlu perhatian dari pemerintah daerah," katanya. 

Sedangkan, Wakil Bupati Limapuluh Kota sengaja mendatangi panti sosial khusus wanita tersebut. Ferizal Ridwan mengatakan, kehadirannya adalah untuk melihat secara langsung, karena menurut laporan diduga ada beberapa oknum yang sengaja merubah BAP (Berita Acara Pemeriksaan) sehingga yang ditangkap petugas Satpol PP tidak semua dikirim ke panti sosial wanita itu.

"Sebagaimana dilaporkan masyarakat ada yang telah berulang, orangnya itu ke itu juga terjaring oleh razia pekat. Selain itu kita juga ingin menelusuri dugaan terkait permainan oknum tertentu yang seakan-akan merubah BAP. Misalnya tertangkap 7 orang dikirim 2 orang dan sebagainya. Kita hadir untuk melihat langsung, karena persoalan sosial ini musti segera ditindaklanjiti secara bersama" ucapnya.

Selain itu, terhadap warga binaan yang telah menyelesaikan proses rehabilitasi yang telah dinyatakan siap untuk dikembalikan ke lingkungan masyarakat. Ferizal Ridwan mengatakan pemerintah harus melakukan koordinasi dengan berbagai pihak terkait, untuk memberikan semacam dukungan dalam rangka pencegahan dalam bentuk bantuan-bantuan modal usaha, agar mereka dapat menata kehidupan yang lebih baik.

"Ini perlu sebuah program pasca dilakukan pembinaan, bagaimana tindak lanjutnya, bagaimana supaya masyarakat dapat menerima, bagaimana mereka tidak terjerumus lagi pada kondisi semula. Pemerintah harus berikan dukungan dan dorongan, ini harus kita diskusikan secara bersama sama," tukasnya.

Pada kesempatan itu, wakil bupati yang dikenal sudah malang melintang brekecimpung dalam aktifitas sosial itu juga sempat memberikan motifasi pada warga binaan Panti Sosial Wanita Andam Dewi untuk ikhlas menjalankan proses rehabilitasi sembari berusaha menetap masa depan yang lebih cerah.

"Bagi adik-adik yang terpenting harus diawali dengan niat yang baik ikhlas. Awalnya yang belum memiliki keterampilan, sekarang sudah ada bekal keterampilan dan agama. Bangkitlah, untuk menyongsong masa depan yang cerah. Urusan dengan tuhan, Allah sudah pastikan akan mengampuni hambanya yang bertobat. Selain dosa syirik pasti akan diampuni Allah asal benar-benar mau bertobat," pungkasnya. (*)

Reporter : Dadang Esmana /  Editor : NOVA

Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Jumat, 03 Januari 2020 - 23:39:19 WIB

    Bawaslu Solsel Surati Bupati dan Wabup Agar Tak Mutasi Pejabat

    Bawaslu Solsel Surati Bupati dan Wabup Agar Tak Mutasi Pejabat SOLOK SELATAN, HARIANHALUAN.COM - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Solsel menyurati bupati dan wakil bupati setempat supaya tidak melakukan mutasi pejabat terhitung 8 Januari 2020. Hal ini disampaikan, Ade Kurnia Zelli selaku .
  • Jumat, 13 Desember 2019 - 18:57:47 WIB

    Banjir Menerjang, Wabup RJM Pantau Keselamatan Warga Dharmasraya

    Banjir Menerjang, Wabup RJM Pantau Keselamatan Warga Dharmasraya PULAUPUNJUNG, HARIANHALUAN.COM - Bakda Jumat sejumlah titik di Kecamatan Pulau Punjung tergenang air. Ini disebabkan lantaran Sungai Batanghari meluap. Akibatnya sejumlah ruas jalan tak bisa dilintasi..
  • Rabu, 04 Desember 2019 - 09:57:41 WIB

    Wabup Sapa Warga Saat Pantau Layanan RSUD Lubuksikaping

    Wabup Sapa Warga Saat Pantau Layanan RSUD Lubuksikaping PASAMAN, HARIANHALUAN.COM--Wakil Bupati Pasaman, Atos Pratama meminta, Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Lubuksikaping terus meningkatkan pelayanan pada masyarakat.
  • Selasa, 03 Desember 2019 - 10:42:43 WIB

    Jual Pupuk Diatas HET, Wabup Pasaman: Kios Nakal Harus Ditindak Tegas

    Jual Pupuk Diatas HET, Wabup Pasaman: Kios Nakal Harus  Ditindak Tegas PASAMAN, HARIANHALUAN.COM--Wakil Bupati Pasaman, Atos Pratama dibuat kesal oleh ulah sejumlah pedagang pupuk bersubsidi di daerah itu. Pasalnya, pupuk yang dijual ke petani melebihi harga eceran tertinggi (HET)..
  • Ahad, 24 November 2019 - 17:21:47 WIB

    Wabup RJM Bersama GSB Gelar Milad di Masjid Nurul Huda

    Wabup RJM Bersama GSB Gelar Milad di Masjid Nurul Huda DHARMASRAYA, HARIANHALUAN.COM - Ratusan jama'ah menghadiri Tabligh Akbar dalam rangka Milad ke 2 Gerakan Subuh Berjama'ah (GSB) Dharmasraya yang digelar di Masjid Nurul Huda Sungai Kambut, Ahad (24/11). Wakil Bupati Dharmasra.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM