Pasokan Langka, Harga Masker Tembus Ratusan Ribu di Pasaman


Rabu, 04 Maret 2020 - 14:23:29 WIB
Pasokan Langka, Harga Masker Tembus Ratusan Ribu di Pasaman Ilustrasi

PASAMAN, HARIANHALUAN.COM - Sejumlah apotek di Lubuksikaping, Kabupaten Pasaman, mengalami kekosongan stok masker kesehatan. Baik itu masker jenis biasa, apalagi masker khusus jenis N-95.

Selain langka, harga masker ini juga naik hingga dua kali lipat dari sebelumnya. Biasanya dijual di kisaran Rp45 ribu sampai Rp50 ribu per kotak, kini malah mencapai Rp250 ribu hingga Rp400 ribu per kotaknya. Sementara harga masker khusus, jenis N-95 lebih mahal. 

Baca Juga : Pantauan Perkembangan Covid-19 di Sumbar: Positif 101, Sembuh 158, dan Meninggal Dunia 4 Orang

Langka dan mahalnya harga masker ini diduga karena wabah virus corona yang kian merebak di sejumlah negara, termasuk di Indonesia. Bahkan Covid-19 ini telah memakan banyak korban jiwa. 

Seperti di Apotek Saiyo misalnya, mengalami kekosongan stok masker sejak beberapa minggu belakangan. Asisten apoteker di apotek ini tidak mengetahui pasti penyebab kekosongan stok masker ini. 

Baca Juga : Hasil Dua Operasi Polda Sumbar, Ratusan Tersangka Sudah Ditangkap

"Hanya saja, dugaan sementara, masker-masker tersebut langka karena terjadi aksi jual beli dalam jumlah besar akibat suspect virus Corona ini," ujarnya, tanpa mau menyebutkan namanya. 

Dikatakan, sejak virus Corona ini kian merebak, harga masker perkotak mengalami lonjakan. Termasuk di apotek itu, harga masker merk Sensi dijual seharga Rp250 ribu per kotak. 

Baca Juga : Wabup Pasaman Sabar AS Minta PMI Jaga Ketersediaan Stok Darah

"Kita jual per kotaknya segitu. Harganya melonjak tajam sejak virus Corona merebak. Tapi saat ini pasokannya kosong," ujarnya. 

Sementara di Apotek Saiyo Farma, di Jalan Jenderal Sudirman, harga masker mencapai Rp400 ribu per kotak. Naik sekian kali lipat dari harga biasanya sebesar Rp45 ribu per kotak. 

Baca Juga : Operasi Antik Singgalang 2021 di Pasaman, 20 Paket Ganja Kering Diamankan

"Itu pun kami punya stok tinggal satu kotak lagi. Harga per kotaknya dijual sebesar Rp400 ribu. Isi per kotak 50 helai masker," staf di apotek itu, Rara. 

Dia menyebutkan, sebelum ramai pemberitaan virus corona, harga eceran masker di apotek tempatnya bekerja dijual seharga Rp 2 ribu per helai. Namun, saat ini harganya naik menjadi Rp 10 ribu per helai. 

"Kalau diincer, harganya jualnya sebesar Rp10 ribu per helai," katanya. 

Terpisah, Kapolres Pasaman, AKBP Hendri Yahya melalui Kasat Reskrim AKP Lazuardi menegaskan, polisi akan menindak tegas para spekulan dan pedagang nakal di daerah itu, apabila menjual masker dengan harga tinggi. Sebab, menimbun masker maupun menaikkan masker di luar kewajaran dapat dipidana.

"Akan kami cek dulu ke lapangan. Karena kita juga sudah ada perintah dari bapak Kapolda langsung untuk memonitor. Dan, apabila ada dugaan kesalahan, akan kita tindak sesuai dengan hukum yang berlaku," tegas Lazuardi. (*)

Reporter : Yudi Lubis | Editor : NOVA
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]