Kabar Gembira! Politeknik Negeri Padang Perpanjang Pendaftaran Mahasiswa Baru KIP


Rabu, 04 Maret 2020 - 18:08:30 WIB
Kabar Gembira! Politeknik Negeri Padang Perpanjang Pendaftaran Mahasiswa Baru KIP Direktur PNP, Surfa Yondri (kemeja putih) saat berbincang dengan unsur pimpinan dalam rangka persiapan penerimaan mahasiswa baru. Foto/Net

PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Politeknik Negeri Padang (PNP) membuka kesempatan kepada seluruh lulusan SMA atau sederajat yang berminat mendaftar menjadi penerima Kartu Indonesia Pintar Kuliah (KIP-K). Kesempatan tersebut berlaku bagi calon mahasiswa yang memiliki keterbatasan ekonomi.

Ketua Panitia Penerimaan Mahasiswa Baru PNP, Rikki Vitria menjelaskan, pendaftaran KIP-Kuliah 2020 tersebut sudah diselenggarakan pada 2-30 Maret 2020 melalui laman kip-kuliah.kemdikbud.go.id. Saat pendaftaran, siswa memasukkan NIK, NISN, NPSN dan alamat email yang aktif.

KIP-Kuliah ini, sebut Rikki Vitria, merupakan pengganti beasiswa bidikmisi yang memfasilitasi pembiayaan kuliah dan uang saku bagi mahasiswa tidak mampu.

"Kita di PNP juga buka KIP-Kuliah, yang mana dulu namanya bidikmisi. Cuma pendaftarannya online sesuai dengan link dari Kemendikbud," sebut Rikki Vitria saat dihubungi Harianhaluan.com, Rabu (4/3/2020).

Rikki Vitria juga menjelaskan, KIP-Kuliah berlaku untuk jalur Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN), Seleksi Nasional Masuk Politeknik Negeri (SNMPN), Seleksi Bersama Masuk Politeknik Negeri (SBMPN). Namun, tidak berlaku untuk kelas kerjasama dengan PT. PLN dan PT. Trakindo Utama.

"Untuk kuotanya kita masih menunggu dari pusat. Tapi penerima KIP-Kuliah ini kita berlakukan untuk semua jalur. Seperti, SBMPTN, SNMPN, SBMPN," ujar Rikki Vitria.

Sementara persyaratan untuk mendaftar Program KIP-Kuliah, kata Rikki Vitria, berlaku bagi siswa SMA atau sederajat yang telah lulus 2 (dua) tahun sebelumnya atau lulus pada tahun 2018 sampai 2020.

Untuk cara daftar KIP-Kuliah ini, terang Rikki Vitria, calon mahasiswa bisa langsung melakukan pendaftaran secara mandiri di Sistem KIP-Kuliah pada laman https://kip-kuliah.kemdikbud.go.id atau melalui KIP-Kuliah mobile apps yang dapat diunduh di Play Store.

"Bagi yang sudah punya KIP sudah langsung bisa daftar, dan bagi yang belum punya KIP juga tetap daftar ke website Kemendibud. Karena yang menentukan mereka berhak menerima KIP ini ada di sistem tersebut karena ada validasinya," ujar Rikki Vitria.

Lebih lanjut, kata Rikki Vitria, jika seandainya calon penerima KIP-Kuliah tersebut dinyatakan berhak menerima KIP-Kuliah oleh sistem maka setelah itu mereka baru diberi nomor pendaftaran masuk dan akses untuk daftar di perguruan tinggi yang dipilih.

"Kalau nanti Kementerian sudah meapprove (menyetujui) data siswa, maka nanti siswa tersebut mendapatkan nomor pendaftaran yang dikirimkan email. Baru setelah itu siswa bisa memilih jurusannya," tambah Rikki Vitria. (*)

Editor : Milna
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]