Waspada Ya..! Berikut Modus Penipuan Lowongan Kerja Pertamina


Rabu, 04 Maret 2020 - 19:07:15 WIB
Waspada Ya..! Berikut Modus Penipuan Lowongan Kerja Pertamina Ilustrasi/kompas.com

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM -- PT Pertamina menginformasikan adanya penipuan dengan modus panggilan seleksirekrutmen Pertamina.

Dalam penipuan itu, terdapat surat panggilan tes seleksi rekrutmen yang mengatasnamakan Pertamina.

Surat tersebut juga melampirkan daftar peserta yang dipanggil untuk mengikuti seleksi.

Peserta yang termakan informasi palsu itu biasanya diminta untuk membayarkan sejumlah uang tertentu, atau mengikuti tes di kota tertentu dengan menggunakan akomodasi yang telah ditentukan.

Salah satu yang terbaru adalah adanya surat panggilan seleksi rekrutmen karyawan yang dijadwalkan akan diadakan di Jakarta, Jumat (6/3/2020).

Dalam surat itu, terlampir daftar nama calon peserta yang akan mengikuti seleksi. Dibubuhkan pula tanda tangan pejabat terkait.

Dalam kasus ini pejabat yang tertulis adalah Corporate Communication PT Pertamina Ali Mundakir.

Namun, melalui akun Twitter @Pertaminamor5, PT Pertamina Marketing Operation Region 5 menyebut surat itu adalah modus penipuan yang mengatasnamakan perusahaannya.

Unit Manager Communication & CSR Pertamina Marketing Operation Region V, Rustam Aji membenarkan penipuan semacam ini sudah kerap terjadi.

Pihaknya pun tidak tinggal diam, karena risiko kerugian di pihak masyarakat bisa saja muncul seiring keberadaan penipuan lowongan kerja seperti ini.

"Pertamina beberapa kali melaporkan kejadian tersebut. Namun kami juga berharap, kalau ada korban yang merasa tertipu, dapat juga ikut melaporkan ke yang berwajib," kata Rustam, dihubungi Rabu (4/3/2020). (*)

loading...
 Sumber : Kompas.com /  Editor : Milna
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]