Intip Menu Makanan Sehat untuk ABK Observasi COVID-19


Rabu, 04 Maret 2020 - 19:33:11 WIB
Intip Menu Makanan Sehat untuk ABK Observasi COVID-19 Ilustrasi

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Observasi Coronavirus Disease 2019 (COVID-19) Anak Buah Kapal (ABK) Kapal Pesiar World Dream dan Princess Diamond di Pulau Sebaru Kecil, Kepulauan Seribu, masih berlangsung lancar. Segala upaya pengawasan dilakukan secara ketat, termasuk menu makanan yang disajikan kepada para ABK.

Dilansir Okezone dari situs resmi Sehatnegeriku, Selasa (3/3/2020), pengawasan ketat terhadap makanan bahkan dilakukan sejak sehari sebelum WNI tersebut diobservasi, yakni pada 27 Februari. Pada saat itu dilakukan rapat koordinasi antara Kemenkes, TNI, dan BNPB.

Pengawasan dilakukan pada sisi food safety, penjabaran sistem sampling makanan, sistem handling makanan, expired time. Dikoordinasikan pula terkait mekanisme penarikan pangan positif bahan berbahaya dan penjabaran kebutuhan pelaksanaan food safety.

Pengawasan ketat terhadap makanan ini dilakukan oleh sub tim bidang keamanan pangan. Langkah yang dilakukan adalah pemeriksaan kimia pada sample makanan untuk snack, sarapan, makan siang, dan makan malam. Selain itu dilakukan pula pemeriksaan seluruh sampel melalui organoleptic.

Pengawasan makanan ketat dilakukan setiap hari. Selama tiga hari ini hasil pengawasan makanan menunjukkan makanan layak dikonsumsi.

Pada hari pertama misalnya, sampling sarapan dengan menu nasi goreng, telur mata sapi, tomat dan timun. Hasilnya negatif arsen, sianida dan nitrit pada nasi goreng dan telur, serta negatif formalin pada tomat dan timun.

Sampling pada menu makan siang yakni nasi putih, ikan tongkol, tumis buncis, dan semangka kuning, semuanya negatif arsen, sianida, nitrit, dan formalin.

Kemudian sampling pada menu makan malam, yakni nasi putih, ikan dori goreng tepung saus asam manis, tahu goreng, bening bayam jagung manis, telur bulat balado kuning dan pisang, semuanya negatif arsen dan sianida, negatif nitrit, dan negatif formalin.

Begitupun sampling pada menu makan hari berikutnya, hingga 1 Maret 2020, hasilnya negatif bahan kimia dan layak dikonsumsi.

Tak hanya pengawasan ketat terhadap makanan, sub tim bidang kemanan pangan juga melakukan inspeksi keamanan pangan harian di dapur, memeriksa bakteriologis air menggunakan rapid test Media H2S dan melakukan desinfeksi air menggunakan kaporit, bila diperlukan. Tim tersebut juga mensosialisasikan kewajiban cuci tangan pakai sabun sebelum menjamah makanan.

Perlu Anda ketahui, di Pulau Sebaru Kecil ini terdapat 8 gedung yang dulunya bekas klinik rehabilitasi narkoba. Nah, 69 ABK Kapal Diamond Princess tentunya akan ditempatkan berbeda dengan dengan bangunan yang ditempati 188 ABK Kapal World Dream.(*)

 Sumber : okezone /  Editor : NOVA

Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM