Ini Alternatif Hand Sanitizer yang Sama Efektifnya untuk Bunuh Kuman


Rabu, 04 Maret 2020 - 19:55:30 WIB
Ini Alternatif Hand Sanitizer yang Sama Efektifnya untuk Bunuh Kuman Ilustrasi

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Hand sanitizer kini menjadi 'barang langka' akibat perilaku panic buying terkait kasus virus Corona di Indonesia. Sebagian besar supermarket, drugstore, toko obat hingga mini market kehabisan hand sanitizer dalam berbagai ukuran.

Belanja di toko online pun setali tiga uang. Bahkan ada sejumlah oknum nakal yang menaikkan harga hand sanitizer hingga berkali-kali lipat.

Daerah kamu tinggal termasuk langka hand sanitizer, dan cairan pembersih tangan yang kamu punya juga sudah hampir habis? Ada alternatif lain yang tak kalah efektif dari hand sanitizer untuk membunuh kuman.

Profesor biologi dari William Paterson menganjurkan solusi cepat pengganti hand sanitizer yang efektif. Ia mengatakan bahwa alkohol, baik itu isopropyl atau ethyl, bisa digunakan sebagai cairan pembersih tangan, apabila air bersih dan sabun sulit diakses.

Selama cairan tersebut mengandung 60% alkohol atau lebih, kamu bisa memakainya sebagai pengganti hand sanitizer. Tuangkan alkohol 60 atau 70 persen ke dalam botol spray, lalu semprotkan ke telapak tangan secukupnya. Pastikan cairan alkohol yang disemprotkan membasahi seluruh permukaan telapak tangan, lalu gosokkan dengan kedua tangan ke punggung tangan, sela-sela jari, ibu jari serta ujung jari dan diamkan hingga mengering dengan sendirinya. Tangan pun aman dari sebagian besar kuman seperti virus dan bakteri.

"Intinya alkohol itu yang menjadi bahan aktif," kata Miryam Z. Wahrman, seperti dikutip dari Business Insider.

Cairan alkohol 60 persen memang bisa membuat kulit terasa sangat kering. Kamu bisa melembapkannya dengan mengoleskan hand cream, losion, atau produk pelembap lain ke tangan.

Miryam juga mengatakan beberapa tetes gel lidah buaya bisa ditambahkan ke dalam alkohol. Tapi jika ingin melakukan cara ini, pastikan cairan tersebut memiliki konsentrasi alkohol lebih dari 60 persen untuk memastikan kandungannya tidak berkurang.

"Kalau hasil akhirnya (setelah ditambahkan gel lidah buaya) jadi di bawah 60 persen maka efektivitas (membunuh kuman) bisa menurun drastis," jelasnya.

Perlu diingat lagi bahwa cara paling efektif mencegah penularan virus Corona adalah dengan cuci tangan pakai sabun dan air bersih yang mengalir. Hand sanitizer sebaiknya hanya dijadikan sebagai opsional ketika tidak tersedia air dan sabun.

Cuci tangan pakai sabun dan air bisa menghilangkan kuman dari kulit. Maka dari itu masih menjadi cara efektif mencegah virus Corona dan patogen lainnya. Sedangkan hand sanitizer hanya mampu membunuh sebagian besar kuman, namun tidak menghilangkannya dari kulit.

"Cuci tangan adalah langkah paling penting, dan kamu tidak seharusnya menghindari melakukan itu," pungkas Miryam.(*)

 Sumber : detik.com /  Editor : NOVA

Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM