IAIN Bukittinggi Dijadikan Lokasi Ujian Tes CPNS


Rabu, 04 Maret 2020 - 20:15:01 WIB
IAIN Bukittinggi Dijadikan Lokasi Ujian Tes CPNS Terlihat peserta tes CPNS berjalan di depan gedung Laboratorium Terpadu yang dijadikan tempat ujian, Rabu (4/3/2020). Foto/Yursil

AGAM, HARIANHALUAN.COM -- IAIN Bukittinggi kembali mendapatkan kepercayaan dari  Badan Kepagawaian Nasional (BKN) dan Kementrian Agama RI sebagai lokasi penyelenggaraan ujian  Computer Assisted Test (CAT) Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) Calon Pengawai Negeri Sipil (CPNS) dilingkungan Kementrian Agama RI untuk wilayah Sumatera Barat.

Untuk kesukseksan ujian tersebut IAIN Bukittinggi memanfaatkan gedung laboratorium terpadu yang baru dibangun melalui Surat Berharga Syari’ah Negara (SBSN tahun 2019).

Wakil Rektor II IAIN Bukittinggi Novi Hendri mengatakan ujian CAT itu akan berlangsung dari tanggal 3 hingga 8 Maret 2020 diikuti sebanyak 5.666 peserta dari  6 Satuan Kerja (Satker) di wilayah provinsi Sumatera Barat.

Ke enam satker itu diantaranya, Balai Diklat Keagamaan Padang dengan peserta ujian 556 peserta, IAIN Batusangkar dengan peserta ujian 690 peserta, IAIN Bukittinggi dengan peserta ujian 1191 peserta, UPT. Asrama Haji Padang dengan peserta ujian 71 peserta, Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang dengan peserta ujian 740 peserta serta Kantor Wilayah Kementerian Agama Sumatera Barat dengan peserta ujian 2.418 peserta.

Novi Hendri juga sangat bersukur  IAIN Bukittinggi kembali mendapatkan kepercayaan sebagai lokasi pelaksana ujian CAT selekai CPNS dilingkungan kementrian Agama untuk wilayah Sumbar itu.

"Lokasi ujian CAT -SKD CPNS ini merupakan yang kedua kalinya dipercayakan kepada IAIN Bukittinggi, sebab pada  tahun 2017 lalu lAIN Bukittinggi juga ditunjuk sebagai pelaksana," kata Novi Hendri kepada Haluan di Kampus IAIN Bukittinggi, Rabu (4/3/2020).

Dipilihnya IAIN Bukittinggi sebagai lokasi pelaksanaan ujian itu  tentu sudah melalui survey yang dilakukan oleh pihak BKN sebelumnya terhadap Satker Satker yang ada di Sumatera Barat.

"Mungkin dari 6 satker yang ada di Sumatera Barat, Bukittinggi dinilai yang paling siap atau paling memenuhi persyaratan sehingga pilihan dijatuhkan kepada IAIN Bukittinggi," ujarnya.

Menurut Novri Hendri, keunggulan IAIN Bukittinggi  selain lokasinya yang sangat sangat trategis juga IAIN Bukittinggi memiliki kemampuan lebih untuk memfasilitasi pelaksaan ujian tersebut dibandingkam dengan Satker yang lain di Sumbar, misalnya disegi daya tampung,  fasilitas yang ada di IAIN Bukittinggi dapat menampung lebih 250 peserta sekali ujian, sementara Satker lain jauh dibawah itu.

Kemudian fasilitas peralatan seperti komputer dan jaringan di IAIN Bukittinggi cukup memadai untuk kegiatan ujian tersebut. Apalagi dengan adanya gedung laboratorium terpadu yang baru dibangun melalui (Surat Berharga Syari’ah Negara) SBSN tahun 2019 lalu. Gedung ini memiliki kapasitas dan fasilitas yang lengkap dan memadai untuk berbagai kegiatan termaduk untuk kegiatan ujian  CAT SKD CPNS.

"Mungkin dasar inilah IAIN Bukittinggi ditetapkan sebagai lokasi pelaksana Ujian CAT SKD CPNS itu," tegasnya.

Terkait dampak pelaksanaan CAT SKD CPNS di IAIN Bukittinggi menurut Novi Hendri dampaknya cukup besar, karena selain dapat menjadi sarana untuk mempromosikan IAIN kepada masyarakat luas, juga secara tidak langsung telah memberikan pengakuan atau legitimasi kepada IAIN Bukittinggi sebagai salah satu perguruan tinggi negeri yang tepat untuk melanjutkan pendidikan setelah jenjang SLTA. (*)

Reporter : Yursil /  Editor : Milna

Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM