Sensus Penduduk Online di Mentawai Capai 14 Persen


Rabu, 04 Maret 2020 - 20:18:53 WIB
Sensus Penduduk Online di Mentawai Capai 14 Persen Kepala BPS Provinsi Sumatera Barat Pitono.

MENTAWAI, HARIANHALUAN.COM -- Sejak pencanangan program sensus penduduk secara online oleh Badan Pusat Statistik (BPS) pada 15 Februari 2020 lalu, Masyarakat Kepulauan Mentawai telah mencatat sensus penduduk sedikitnya mencapai 14 persen dari jumlah penduduk.

Hal tersebut dikatakan Kepala BPS Provinsi Sumatera Barat Pitono usai melaksanakan Rapat Koordinasi Kabupaten (Rakorkab) dengan Pemerintah Kabupaten Kepulauan Mentawai,  Rabu (4/3/2020)) di Aula Sekertariat Daerah Mentawai.

"Sejak dimulai 15 februari seluruh Indonesia, Mentawai  memang agak telat kita melakukan sosialisasi, namun pelaksanaannya tetap serentak, meski begitu mentawai sudah mencatat 14 persen dari jumlah penduduk lumayan dibandingkan 3 Kabupaten/Kota lainnya di Sumbar," ungkapnya.

Ia menyebutkan sampai saat ini untuk keseluruhan Masyarakat di Sumbar, yang baru ikut berpartisipasi dalam program sensus penduduk secara online baru mencapai 1 persen lebih, sedangkan untuk provinsi sumbar baru mencapai 12 persen. 

"Ini bukti bahwa kesadaran masyarakat kita masih sangat minim terhadap sensus penduduk, misalnya sekarang di Solok baru mencapai 5 persen, Pasaman Barat 5 persen, kemudian Padang baru sekitar 5 persen, " tuturnya.

Ia menyebutkan program sensus penduduk secara online dilaksanakan mulai 15 Februari sampai tanggal 31 Maret Tahun ini, selanjutnya daerah yang tidak terkoneksi dengan internet sensus penduduk akan dilakukan dengan sistem wawancara. 

"BPS melakukan sistim online ini merupakan suatu perubahan zaman teknologi informasi, kemudian yang belum terkoneksi dengan internet kita akan melakukan sensus penduduk dengan sistem wawancara, jadi yang sudah melakukan sensus penduduk secara online tidak didata lagi," timpalnya.

Lebih lanjut dikataknnya untuk menyukseskan program sensus penduduk secara online online tersebut pihaknya telah melakukan sosialisasi melalui rapat koordinasi baik dengan pihak Kecamatan maupun Kabupaten. 

"Kalau di tingkat kecamatan kita mengundang aparat pemerintah Desa, kemudian untuk Rakorkab kita mengundang instansi terkait seperti misalnya Disdukcapil dan lainnya, ada 21 variabel yang akan dicatat misalnya Pendidikan, Rumah dan yang paling banyak itu identitas pribadi, dari variabel itu akan digali lagi lebih dalam, " paparnya. 

Disamping Rakor dan Sosialisasi pihaknya juga menyampaikan informasi melalui media, baik media cetak, elektronik, online dan televisi, "Melalui media kita himbau masyarakat untuk ikut serta dalam kegiatan tersebut, " pungkasnya. 

Turut hadir dalam Rakorkab tersebut Kepala BPS Kepulauan Mentawai beserta jajarannya Staf Ahli Bupati Mentawai bidang pemerintahan, hukum dan politik, Unsur Forkopimda dan Sejumah Kepala OPD di Lingkun gan Pemkab Mentawai. (*)

Reporter : Redi | Editor : Milna
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]