Mau Bikin Tempe Mendoan Enak dan Gurih, Ini Resepnya


Rabu, 04 Maret 2020 - 21:41:11 WIB
Mau Bikin Tempe Mendoan Enak dan Gurih, Ini Resepnya Tempe mendoan. Foto/kompas.com

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM -- Diusulkan menjadi menjadi warisan budaya tak benda 2020 tempe mendoan merupakan kudapan khas Banyumas.

Mendoan, tempe goreng setengah matang yang membuat ketagihan ini bisa kamu buat di dapur rumahmu.

Kamu perlu menyiapkan bahan dan peralatan yang sederhana untuk membuat sepiring mendoan.

Deskart Sotyo djatmiko, SH, MSi, Kabag Protokol dan Komunikasi Pimpinan Setda Kabupaten Banyumas, menjelaskan bagaimana cara membuat tempe mendoan.

Cara membuat mendoan cukup mudah, pertama siapkai kedelai lalu cuci, rebus, dan beri ragi. Setelah itu bungkus dengan daun pisang.

"Diamkan sehari untuk berjamur, hingga menjadi tempe," Sotyo Djatmiko, Rabu (4/3/2020).

Chef Stefu Santoso juga membagi tips dan cara membumbui mendoan. Tempe mendoan bisa dibuat sendiri atau menggunakan tempe yang sudah jadi di pasaran untuk lebih ringkasnya.

"Kalau mendoan itu yang penting tempenya bisa diiris tipis, tetapi kadang sesuai selera aja bisa ada yang mau tebel juga," jelas President of Association of Culinary Professionals sekaligus Executive Chef di APREZ Catering & AMUZ Gourmet Restaurant, Stefu Santoso kepada Kompas.com, Selasa (3/3/2020).

Bahan lain yang dibutuhkan untuk membuat mendoan selain tempe adalah adonan dari tepung serta bumbu dan minyak goreng. Adonan tepung tidak terlalu kental alias agak encer.

Siapkan garam, lada, ketumbar, bawang putih, dan sedikit gula lalu ulek sampai lembut. Masukkan bumbu tersebut ke dalam tepung dan air, aduk sampai rata. Tambahkan potongan daun bawang.

Sementara untuk teknik menggorengnya, cukup sederhana. Mendoan merupakan tempe goreng setengah matang, maka dari itu tidak perlu digoreng terlalu lama.

Langkah dalam menggoreng tempe, pertama kamu perlu memanaskan minyak. Setelah minyak panas bisa masukan tempe yang sudah dilumuri adonan tepung, lalu goreng hingga setengah matang.

Tekstur tempe akan lemas dan sedikit lembek, tidak garing. Rasa khas tempe akan berpadu dengan pas bersama rasa gurih dari ketumbar dan bawang putih.

Mendoan sangat nikmat saat disantap hangat-hangat bersama irisan cabai yang dicampur kecap manis. (*)

 Sumber : Kompas.com /  Editor : Milna

Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Rabu, 01 April 2020 - 12:05:47 WIB

    Listrik Mau Digratiskan 3 Bulan, Pengguna Token Bagaimana?

    Listrik Mau Digratiskan 3 Bulan, Pengguna Token Bagaimana? JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Perusahaan Listrik Negara (PLN) sedang menyiapkan skema yang pas untuk merealisasikan aturan pembebasan tagihan listrik bagi pelanggan 450VA dan diskon 50% untuk pelanggan 900VA. Keringanan biaya l.
  • Selasa, 31 Maret 2020 - 09:49:58 WIB

    Mau Belanja Sayur dan Ikan Online? Di Sini Aja

    Mau Belanja Sayur dan Ikan Online? Di Sini Aja JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Kebutuhan bahan pokok seperti makanan menjadi hal penting selama masa isolasi diri di rumah demi mencegah penyebaran infeksi virus corona (Covid-19). Sayang, terbatasnya mobilitas akibat isolasi te.
  • Rabu, 25 Maret 2020 - 22:10:13 WIB

    Mau 'Libur' Bayar Cicilan Kredit? Ini Syaratnya

    Mau 'Libur' Bayar Cicilan Kredit? Ini Syaratnya JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menjawab rasa penasaran para driver ojek online (ojol), taksi online, nelayan hingga para pekerja informal lainnya terkait penundaan bayar cicilan kredit selama setahun.
  • Senin, 23 Maret 2020 - 14:27:21 WIB

    Minyak Dunia Terus Merosot, Kok Pertamina Gak Mau Turunkan Harga BBM?

    Minyak Dunia Terus Merosot, Kok Pertamina Gak Mau Turunkan Harga BBM? JAKARTA, HARIANHALUAN.COM -- Harga minyak mentah internasional terus mengalami penurunan di kuartal pertama 2020. Bahkan hari ini Senin 23 Maret 2020, harganya merosot di posisi terendah sejak Januari 2016..
  • Jumat, 13 Maret 2020 - 10:12:13 WIB

    Citos Mau Dijual ke Siapa?

    Citos Mau Dijual ke Siapa? JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - PT Asuransi Jiwasraya (Persero) bakal menjual asetnya seperti kantor dan Cilandak Town Square (Citos) untuk menyicil dana nasabah. Namun, kabarnya aset ini akan dijual lagi ke sesama BUMN..
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM