Bertambah, Kini Ada 137 RS Rujukan Corona di Indonesia


Rabu, 04 Maret 2020 - 22:00:44 WIB
Bertambah, Kini Ada 137 RS Rujukan Corona di Indonesia Menko PMK Muhadjir Effendy. (CNN Indonesia/Tiara Sutari).

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM -- Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (menko PMK) Muhadjir Effendy menyatakan saat ini sudah ada 137 rumah sakit di seluruh Indonesia yang menjadi rujukan penanganan virus corona covid-19. Jumlah ini bertambah dari yang sebelumnya 132 rumah sakit. 

"Sebagai rujukan, sekarang sudah ada 137 dan beberapa rumah sakit swasta juga telah menawarkan diri," ujar Muhadjir di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (4/3/2020).

Muhadjir mengatakan, rumah sakit rujukan ini dapat melakukan simulasi penanganan hingga rujukan fasilitas kesehatan. Dia menambahkan pemerintah akan terus meningkatkan fasilitas di tiap rumah sakit rujukan tersebut. 

"Terus kita benahi, kita sempurnakan, setelah betul-betul ada kejadian dua kasus (positif corona)," katanya.

Lebih lanjut Muhadjir menuturkan, pemerintah juga akan aktif melacak pihak-pihak yang pernah melakukan kontak dengan pasien positif corona. Pihaknya telah berencana membentuk satgas untuk melacak orang-orang tersebut. 

"Sekarang kami akan membentuk bukan crisis center, tapi semacam satuan tugas yang terutama melakukan tracking. Setiap ada kasus akan kita telusuri sampai sejauh mungkin," ujar dia.

"Kita terus lakukan tracking, penelusuran. Mata rantai terutama kontak yang bersangkutan," ucap Muhadjir. 

Dengan keberadaan satgas yang melacak ini, diharapkan akan diketahui sumber penyebaran virus corona. Satgas ini juga akan melacak keberadaan warga asing yang beberapa waktu lalu masuk ke Indonesia. 

"Mungkin kita cari juga beberapa kasus yang sudah kemarin muncul, misalnya ada penumpang WN New Zealand yang dari Iran mampir di Bali, sudah kita telusuri semua. Ada 30-an yang kontak dan hasilnya negatif," ucapnya. 

Selain pembentukan satgas, kata Muhadjir, pemerintah juga pro aktif dengan memeriksa hasil spesimen suspect corona menggunakan PCR. "Sekarang kan tiap hari ada update hasil PCR kita di seluruh Indonesia," katanya. (*)

 Sumber : CNN /  Editor : Milna

Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM