Miliki Gedung Baru, Santri TPQ/TPSQ Kampung Baru Lengayang Gembira


Rabu, 04 Maret 2020 - 23:04:35 WIB
Miliki Gedung Baru, Santri TPQ/TPSQ Kampung Baru Lengayang Gembira Bupati Pessel Hendrajoni saat meresmikan pemakaian gedung baru TPQ dan TPSQ Kampung Baru, Nagari Kambang Utara, Kecamatan Lengayang, Pesisir Selatan, Rabu (4/3/2020).

PAINAN, HARIANHALUAN.COM -- Pembangunan gedung baru Taman Pendidikan Alquran (TPQ) dan Taman Pendidikan Seni Alquran (TPSQ) Kampung Baru, Nagari Kambang Utara, Kecamatan Lengayang, Pesisir Selatan, deresmikan Bupati Pesisir Selatan Hendrajoni, Rabu (4/3/2020).

Gedung ruang belajar TPQ dan TPSQ yang dibangun dengan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Rp100 juta tersebut, membuat para santri dan masyarakat setempat gembira.

Bupati Hendrajoni mengatakan, pembangunan sarana pendidikan agama hingga kini terus menjadi perhatian serius pemerintah daerah. Menurutnya, dengan sarana yang baik dan lengkap bakal menciptakan semangat para santri dalam menimba ilmu agama.

"Ya, semoga anak-anak kami belajar agama di Masjid Hasilul Amal Kampung Baru terus semangat. Sebab, ini sejalan dengan visi dan misi kami untuk menjadikan generasi yang Mandiri, Unggul, Agamis, dan Sejahtera," katanya.

Ia menyebutkan, pendidikan keagamaan saat ini dijadikan sebagai salah satu prioritas yang diunggulkan di daerah berjuluk Negeri Sejuta Pesona itu. Bahkan, hal itu dibuktikan dengan peningkatan sarana dan prasarana gedung TPQ dan TPSQ, pembangunan pondok pesantren, penyediaan honor guru mengaji, dan imam masjid pada masing-masing kecamatan.

Menurutnya, secara bertahap kedepan seluruh kecamatan di daerah itu bakal memiliki pondok pesantren dan gedung TPQ dan TPSQ.

"Agar harapan ini bisa terwujud, maka kepada walinagari diminta agar dapat menyediakan lahan.Tujuannya agar pengalokasian anggaran melalui APBD bisa diupayakan," ujarnya.

Pembangunan di bidang keagamaan, kata bupati, tidak saja menjadi tanggung jawab pemerintah, namun harus sejalan dengan tokoh masyarakat, ninik mamak, bundo kanduang, alim ulama, cadiak pandai, dan orangtua.

"Sebab, ini tanggung jawab bersama. Mari ciptakan masyarakat yang agamis di lingkungan masing-masing," ucapnya lagi.

Sementara itu, tokoh masyarakat setempat Erman Sawar, menyampaikan ucapan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Bupati Hendrajoni. Berkat tangan dingin bupati, maka pembangunan gedung TPQ dan TPSQ di Kampung Baru, Nagari Kambang Utara, Kecamatan Lengayang dapat dilaksanakan.

"Sekali lagi kami ucapkan terimakasih banyak kepada bapak bupati dan pejabat terkait yang sudah membantu dalam pembangunan ini. Sehingga anak-anak kami dapat belajar dengan aman fan nyaman nantinya," katanya.

Selain itu, ia menyebutkan masyarakat setempat memiliki ekonomi pada sektor perkebunan Kelapa Sawit dan Getah Karet. Namun, hingga kini sarana jalan yang menghubungkan antara Kampung Baru dengan Kampung Tanjung Gadang nagari setempat sangat memprihatinkan.

"Setidaknya masih ada sepanjang 1 kilometer lagi jalan di kampung kami ini tanah. Jika musim hujan datang maka sangat susah untuk dilewati ketika mengangkut hasil panen," ujarnya.

Pada kesempatan itu juga, Bupati Hendrajoni menyanggupi permintaan masyarakat tersebut, dan pada 2021 bakal di anggarkan melalui APBD.

"Tolong di catat ya, Pak Kadis PU. Nanti di anggarkan," katanya seraya mengintruksikan kepada dinas terkait. (*)

Reporter : Okis /  Editor : Milna

Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM