Pustaka Keliling di Sawahlunto Ini Jangkau Minat Baca dan Budaya Literasi hingga Pelosok


Kamis, 05 Maret 2020 - 07:50:15 WIB
Pustaka Keliling di Sawahlunto Ini Jangkau Minat Baca dan Budaya Literasi hingga Pelosok Antusias pelajar SD membaca di Mobil perpustakaan keliling yang dimiliki dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Sawahlunto. (Riki Yuherman)

SAWAHLUNTO, HARIANHALUAN.COM -- Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Sawahlunto, maksimalkan mobil Perpustakaan keliling guna menjangkau sekolah sekolah yang ada di Sawahlunto guna meningkatkan minat baca dan budaya literasi masyarakat, terutama pelajar Sekolah Dasar (SD). 

Dua unit mobil Perpustakaan Keliling itu siap beroperasi empat hari dalam sepekan jemput bola ke sekolah-sekolah yang ada.
"Kita operasikan mobil perpustakaan keliling ini, mulai Senin hingga Kamis. Untuk wilayahnya, masing-masing mobil mencakup dua Kecamatan, yakni satu mobil opeasi di Talawi dan Barangin, sedangkan yang satu lagi untuk Lembah Segar dan Silungkang," kata Kepala Seksi Pengembangan Pustaka, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Sawahlunto, Indra Ismail.

Perpustakaan keliling ini, sebut Indra, beroperasi saat jam istirahat atau jam pulang sekolah, dengan pertimbangan tidak menganggi jam pelajaran sekolah. Meski di setiap sekolah sudah ada perpustakaan, tetapi koleksi buku yang dimiliki masih terbatas. 

"Dengan perpustakaan keliling yang secara koleksi kita perbaharui setiap waktu, sehingga dapat melengkapi bacaan pelajar yang tidak ada di perpustakaan sekolah," ujarnya.

Lebih jauh dikatakan Indra, hal ini dilakukan pihaknya untuk mensiasati agar si pembaca tidak bosan dengan koleksi buku yang itu -itu saja. Sekaligus bisa meningkatkan animo untuk membuka cakrawala dunia melalui buku atau bacaan yang beragam.

Sementara itu Wakil Walikota Sawahlunto, Zohirin Sayuti dikesempatan lain menyampaika apresiasinya terhadap layanan perpustakaan keliling ini. Zohirin menilai, perpustakaan keliling salah satu bentuk aplikasi misi pemerintah kota dalam memfasilitasi pendidikan untuk meningkatkan kecerdasan dan SDM generasi penerus bangsa.

"Perpustakaan keliling ini solusi bagi kondisi jarak serta aspek geografis Sawahlunto. Jika hanya mengandalkan perpustakaan sekolah perpustakaan daerah saja kemungkinan anak anak yang jauh dari pusat perpustakaan akan sulit menjangkaunya, namun dengan mobil perpustakaan keliling mampu menjangkau seluruh wilayah yang ada," tuturnya. (*)

loading...
Reporter : Riki Yuherman /  Editor : Agoes Embun
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Rabu, 22 Juli 2020 - 21:46:20 WIB

    Sempat Terpendam, Bungker Lobang Jepang Agam akan Jadi Perpustakaan Nagari

    Sempat Terpendam, Bungker Lobang Jepang Agam akan Jadi Perpustakaan Nagari HARIANHALUAN.COM - Pemerintah Nagari Taluak IV Suku Kabupaten Agam Sumatera Barat akan menyulap cagar budaya bungker peninggalan jepang yang ada didaerah tersebut menjadi perpustakaan nagari..
  • Senin, 15 Juni 2020 - 16:03:26 WIB

    Perpustakaan St. Moh Rasyid di Pariaman Telah Dibuka, Pengunjung Masih Sepi

    Perpustakaan St. Moh Rasyid di Pariaman Telah Dibuka, Pengunjung Masih Sepi HARIANHALUAN.COM - Perpustakaan St. Moh Rasyid di Pantai Gandoriah Kota Pariaman masih sepi kunjungan, meski PSBB sudah usai sejak tanggal 8 Juni lalu..
  • Sabtu, 13 Juni 2020 - 15:50:37 WIB

    Tahun Depan, Bagian Perpustakaan dan Kearsipan di Pariaman akan Jadi Dinas

    HARIANHALUAN.COM - Pemko Pariaman menargetkan tahun 2021 Bagian Perpustakaan dan Kearsipan akan menjadi dinas. "Untuk mengejar target tersebut, dokumen yang menyangkut percepatan pengurusanya sudah disiapkan," kata Kepala bag.
  • Jumat, 14 Juli 2017 - 13:38:24 WIB

    Pustaka Desa Sawahlunto Dimaksimalkan

    Pustaka Desa Sawahlunto Dimaksimalkan SAWAHLUNTO, HARIANHALUAN.COM - Memaksimalkan fungsi perpustakaan yang ada di desa dan kelurahan diperlukan kualitas SDM yang mumpuni. Untuk itu, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Sawahlunto terus melakukan kepada desa dan.
  • Jumat, 21 April 2017 - 01:27:38 WIB
    SMAN 2 Sungai Limau

    Pembangunan Pustaka Permanen Bakal Terwujud

    PADANG PARIAMAN, HALUAN -- SMAN 2 Sungai Limau di Sungai Sirah, Kecamatan Sungai Limau, Kabupaten Padang Pariaman, berharap pembangunan ruang pustaka baru dapat terwujud. Pasalnya, MoU antara sekolah dengan Dirjen Pembinaan S.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]