Mau Coba? Begini Cara Aktifkan Dark Mode WhatsApp yang Meluncur di Android-iOS


Kamis, 05 Maret 2020 - 08:22:52 WIB
Mau Coba? Begini Cara Aktifkan Dark Mode WhatsApp yang Meluncur di Android-iOS ilustrasi dark mode WhatsApp

TEKNO, HARIANHALUAN.COM -- WhatsApp akhirnya resmi meluncurkan mode gelap (dark mode) untuk semua pengguna Android dan iOS (iPhone). Kali ini, mode gelap tersebut bisa diakses oleh semua pengguna, tidak seperti sebelumnya yang hanya tersedia untuk pengguna beta. Hal ini diumumkan WhatsApp lewat akun Twitter resmi mereka.

Seperti pada versi beta, dark mode WhatsApp ini memang tidak sepenuhnya menggunakan warna hitam. Alih-alih WhatsApp menggunakan warna abu-abu gelap. Warna ini sengaja dipilih karena menurut hasil pengetesan WhatsApp penggunaan warna hitam pekat dan putih malah menyebabkan kelelahan mata. 

Sehingga, WhatsApp memilih skema warna yang lebih keabuan untuk mengurangi kecerahan layar dan agar lebih mudah dibaca pengguna. Agar bisa mengaktifkan mode gelap, pastikan WhatsApp yang digunakan di Android dan iOS pengguna sudah menggunakan versi terbaru. 

Di iOS, WhatsApp teranyar adalah versi 2.20.30. Sementara di Android, versi teranyar adalah 2.20.69. Cara Aktifkan Dark Mode WhatsApp yang Meluncur di Android-iOSTampilan mode gelap WhatsApp di perangkat Android (Whatsapp). Bagi pengguna Android 10 dan iOS 13, mode gelap WhatsApp bakal langsung aktif begitu pengaturan mode gelap diaktifkan di pengaturan sistem. 

Untuk pengguna iOS 13, bisa mengaktifkan mode gelap dengan cara berikut:
- Klik Setting (pengaturan) 
- Klik Display & Brightness (layar & kecerahan)
- Pilih tema Dark (gelap)

Setelah memilih mode gelap di pengaturan, WhatsApp akan otomatis berubah menjadi dark mode. Sebab, tidak ada pengaturan mode gelap manual untuk pengguna iPhone.

Bagi pengguna Android 9 dan versi yang lebih lawas, dark mode bisa diaktifkan secara manual dengan langkah-langkah berikut.
- Klik Setting (Pengaturan)
- Pilih Chat
- Pilih Theme (Tema)
- Pilih Dark.

Saat dicoba, dark mode WhatsApp sudah tersedia untuk pengguna di Indonesia untuk pengguna iOS yang sudah menggunakan iOS 13. Namun, pembaruan ini nampaknya belum menyambangi pengguna Android di Indonesia. Juru bicara WhatsApp menyebut pembaruan ini akan diluncurkan secara bertahap dalam beberapa hari ke depan, seperti dilansir Gizmodo. 

Jadi kalau perangkat pengguna masih belum bisa menggunakan mode ini, cek pembaruan WhatsApp dalam beberapa hari mendatang. 
Sebelumnya fitur dark mode WhatsApp hanya bisa digunakan oleh penguji beta aplikasi ini. Sehingga, tak semua pengguna bisa mencoba fitur anyar tersebut. Namun, saat ini kuota penguji beta WhatsApp sudah penuh. (*)

 Sumber : CNN Indonesia /  Editor : Agoes Embun

Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Sabtu, 21 Maret 2020 - 00:52:04 WIB

    Tak Mau Kalah dari Snapchat, Instagram Uji Fitur Hapus Pesan Otomatis

    Tak Mau Kalah dari Snapchat, Instagram Uji Fitur Hapus Pesan Otomatis JAKARTA, HARIANHALUAN.COM -- Instagram dikabarkan tengah melakukan uji coba fitur yang mampu menghapus pesan singkat secara otomatis ketika meninggalkannya. Fitur tersebut diketahui sama dengan yang terdapat di Snapchat..
  • Jumat, 13 Maret 2020 - 13:57:03 WIB

    Mau Blokir Iklan Pop-Up Tapi Bingung? Begini Caranya

    Mau Blokir Iklan Pop-Up Tapi Bingung? Begini Caranya JAKARTA, HARIANHALUAN.COM -- Iklan pop-up atau iklan sembulan kerap menjadi problem kepada para pengguna. Iklan tersebut kadang tidak sesuai dengan situs yang dikunjungi..
  • Kamis, 12 Maret 2020 - 21:45:54 WIB

    Mau Curhat ke Pemprov Sumbar? Coba Aplikasi SP4N-LAPOR!

    Mau Curhat ke Pemprov Sumbar? Coba Aplikasi SP4N-LAPOR! PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Pemprov Sumbar ditunjuk sebagai salah satu daerah yang dijadikan pilot project dalam peningkatan kapasitas penggunaan Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional-Layanan Asprirasi dan Pe.
  • Kamis, 13 Februari 2020 - 19:20:29 WIB

    Tak Mau Kalah dengan AS, Pemprov DKI Pamerkan Robot Pemadam Rp40 Miliar

    Tak Mau Kalah dengan AS, Pemprov DKI Pamerkan Robot Pemadam Rp40 Miliar JAKARTA, HARIANHALUAN.COM -- Pemerintah Provinsi DKI Jakarta mengungkapkan bahwa militer Amerika Serikat (AS) juga memakai robot-robot pemadam canggih, seperti yang baru dibeli Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamata.
  • Senin, 27 Januari 2020 - 00:36:51 WIB

    Mau Simak Sebaran Virus Corona di Dunia? Ikuti Peta Near Real Time Ini

    Mau  Simak Sebaran Virus Corona  di Dunia? Ikuti  Peta Near Real Time Ini TEKNOLOGI,HARIANHALUAN.COM- China tengah menghadapi wabah virus yang dikenal secara resmi sebagai 2019 Novel Coronavirus (disingkat 2019-nCoV). Jenis virus corona yang baru diidentifikasi ini pertama kali terdeteksi di Wuhan,.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM