Mau Coba? Begini Cara Aktifkan Dark Mode WhatsApp yang Meluncur di Android-iOS


Kamis, 05 Maret 2020 - 08:22:52 WIB
Mau Coba? Begini Cara Aktifkan Dark Mode WhatsApp yang Meluncur di Android-iOS ilustrasi dark mode WhatsApp

TEKNO, HARIANHALUAN.COM -- WhatsApp akhirnya resmi meluncurkan mode gelap (dark mode) untuk semua pengguna Android dan iOS (iPhone). Kali ini, mode gelap tersebut bisa diakses oleh semua pengguna, tidak seperti sebelumnya yang hanya tersedia untuk pengguna beta. Hal ini diumumkan WhatsApp lewat akun Twitter resmi mereka.

Seperti pada versi beta, dark mode WhatsApp ini memang tidak sepenuhnya menggunakan warna hitam. Alih-alih WhatsApp menggunakan warna abu-abu gelap. Warna ini sengaja dipilih karena menurut hasil pengetesan WhatsApp penggunaan warna hitam pekat dan putih malah menyebabkan kelelahan mata. 

Sehingga, WhatsApp memilih skema warna yang lebih keabuan untuk mengurangi kecerahan layar dan agar lebih mudah dibaca pengguna. Agar bisa mengaktifkan mode gelap, pastikan WhatsApp yang digunakan di Android dan iOS pengguna sudah menggunakan versi terbaru. 

Di iOS, WhatsApp teranyar adalah versi 2.20.30. Sementara di Android, versi teranyar adalah 2.20.69. Cara Aktifkan Dark Mode WhatsApp yang Meluncur di Android-iOSTampilan mode gelap WhatsApp di perangkat Android (Whatsapp). Bagi pengguna Android 10 dan iOS 13, mode gelap WhatsApp bakal langsung aktif begitu pengaturan mode gelap diaktifkan di pengaturan sistem. 

Untuk pengguna iOS 13, bisa mengaktifkan mode gelap dengan cara berikut:
- Klik Setting (pengaturan) 
- Klik Display & Brightness (layar & kecerahan)
- Pilih tema Dark (gelap)

Setelah memilih mode gelap di pengaturan, WhatsApp akan otomatis berubah menjadi dark mode. Sebab, tidak ada pengaturan mode gelap manual untuk pengguna iPhone.

Bagi pengguna Android 9 dan versi yang lebih lawas, dark mode bisa diaktifkan secara manual dengan langkah-langkah berikut.
- Klik Setting (Pengaturan)
- Pilih Chat
- Pilih Theme (Tema)
- Pilih Dark.

Saat dicoba, dark mode WhatsApp sudah tersedia untuk pengguna di Indonesia untuk pengguna iOS yang sudah menggunakan iOS 13. Namun, pembaruan ini nampaknya belum menyambangi pengguna Android di Indonesia. Juru bicara WhatsApp menyebut pembaruan ini akan diluncurkan secara bertahap dalam beberapa hari ke depan, seperti dilansir Gizmodo. 

Jadi kalau perangkat pengguna masih belum bisa menggunakan mode ini, cek pembaruan WhatsApp dalam beberapa hari mendatang. 
Sebelumnya fitur dark mode WhatsApp hanya bisa digunakan oleh penguji beta aplikasi ini. Sehingga, tak semua pengguna bisa mencoba fitur anyar tersebut. Namun, saat ini kuota penguji beta WhatsApp sudah penuh. (*)

loading...
 Sumber : CNN Indonesia /  Editor : Agoes Embun
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Ahad, 02 Agustus 2020 - 12:14:36 WIB

    Mau Dapat Kuota 300 GB Hanya dengan Rp105 Ribu? Begini Caranya

    Mau Dapat Kuota 300 GB Hanya dengan Rp105 Ribu? Begini Caranya HARIANHALUAN.COM - PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) meluncurkan program berlangganan inovatif dengan harga lebih hemat bagi para pelanggan yang tertarik untuk mendaftar layanan pascabayar XL PRIORITAS. Program baru ini bernama ‚Ä.
  • Sabtu, 01 Agustus 2020 - 07:08:26 WIB

    Mau Hemat Kuota Internet? Pakai Saja Lazy-Loading Chrome

    Mau Hemat Kuota Internet? Pakai Saja Lazy-Loading Chrome HARIANHALUAN.COM - Paket data internet kamu cepat habis saat browsing internet? Jangan khawatir, kini Google Chrome merilis lazy-loading gambar untuk native sejak Chrome 76. Ketika kamu mengguna situs tersebut dengan laz.
  • Jumat, 26 Juni 2020 - 07:48:21 WIB

    4 Ponsel Terbaik di Indonesia, Mau Beli yang Mana?

    4 Ponsel Terbaik di Indonesia, Mau Beli yang Mana? HARIANHALUAN.COM - Produsen ponsel berlomba-lomba mengusung ponsel terbaik mereka. Spesifikasi atau fitur boleh jadi menjadi daya tarik agar dilirik pembeli..
  • Senin, 08 Juni 2020 - 12:10:05 WIB

    Mau Comot Konten di Instagram? Gak Bisa Lagi Sembarangan

    Mau Comot Konten di Instagram? Gak Bisa Lagi Sembarangan HARIANHALUAN.COM - Bagi kalian yang sering me-repost atau embed konten di Instagram, maka ke depannya tidak akan bisa semudah itu. Sebab, Instagram sebagai pemilik platform akan memperketat aturan tersebut..
  • Ahad, 31 Mei 2020 - 15:32:54 WIB

    Mau Jaga Jarak Tetap Aman saat 'New Normal'? Pakai AR Google Ini Saja

    Mau Jaga Jarak Tetap Aman saat 'New Normal'? Pakai AR Google Ini Saja HARIANHALUAN.COM - Selain mengenakan masker dan sering mencuci tangan, prosedur protokol kesehatan lainnya adalah menjaga jarak sosial. Langkah terakhir tersebut bisa jadi yang paling sulit, namun Google telah merilis alat re.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]