Bayar Pajak Motor Pakai KTP, Ini Tanggapan Samsat Solok Selatan


Kamis, 05 Maret 2020 - 11:24:57 WIB
Bayar Pajak Motor Pakai KTP, Ini Tanggapan Samsat Solok Selatan ilustrasi KTP

SOLSEL, HARIANHALUAN.COM -- Ketika ingin melakukan pembayaran pajak kendaraan bermotor, salah satu syaratnya harus menggunakan Kartu Tanda Penduduk (KTP) sesuai data di STNK dan BPKB kendaraan. Terkadang, bagi wajib pajak hal ini menyulitkan dikarenakan kendaraan yang dimiliki ketika dibeli merupakan kendaraan bekas atau belum melakukan Bea Balik Nama (BBN). 

Apalagi, jika pemilik yang lama telah pindah domisili sehingga menjadi salah satu kendala untuk mendapatkan KTP-nya. Azyun Fadril selaku Kepala UPTD Samsat Solok Selatan menyebut jika syarat harus membawa KTP yang sesuai dengan data di STNK dan BPKB sudah tertuang dalam Peraturan Kapolri (Perkap) Nomor 5 Tahun 2012. 

Baca Juga : Kasus Covid-19 Sumbar Meningkat, Padang Panjang Tetap di Zona Kuning

"Gunanya untuk menghindari adanya indikasi pembayaran pajak kendaraan bermotor curian. Kami juga tidak ingin disalahkan nantinya apabila dipermudah. Apalagi menjadi temuan, tentunya bakal disalahkan Samsat, " ujarnya pada Harianhaluan.com, Kamis (5/3).

Idealnya, katanya, kendaraan merupakan hak milik pribadi. Sesuai aturan dalam waktu jangka tiga bulan kendaraan yang dibeli harus dilakukan BBN. "Kita bukan mempersulit memamg begitu aturan," sebutnya. (*)

Baca Juga : Hari Pertama BST Kemensos Tahap III dan IV, Rp190 Juta Lebih Dikucurkan ke 317 Warga

Reporter : Jefli Bridge | Editor : Agoes Embun
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]