Bayar Pajak Motor Pakai KTP, Ini Tanggapan Samsat Solok Selatan


Kamis, 05 Maret 2020 - 11:24:57 WIB
Bayar Pajak Motor Pakai KTP, Ini Tanggapan Samsat Solok Selatan ilustrasi KTP

SOLSEL, HARIANHALUAN.COM -- Ketika ingin melakukan pembayaran pajak kendaraan bermotor, salah satu syaratnya harus menggunakan Kartu Tanda Penduduk (KTP) sesuai data di STNK dan BPKB kendaraan. Terkadang, bagi wajib pajak hal ini menyulitkan dikarenakan kendaraan yang dimiliki ketika dibeli merupakan kendaraan bekas atau belum melakukan Bea Balik Nama (BBN). 

Apalagi, jika pemilik yang lama telah pindah domisili sehingga menjadi salah satu kendala untuk mendapatkan KTP-nya. Azyun Fadril selaku Kepala UPTD Samsat Solok Selatan menyebut jika syarat harus membawa KTP yang sesuai dengan data di STNK dan BPKB sudah tertuang dalam Peraturan Kapolri (Perkap) Nomor 5 Tahun 2012. 

"Gunanya untuk menghindari adanya indikasi pembayaran pajak kendaraan bermotor curian. Kami juga tidak ingin disalahkan nantinya apabila dipermudah. Apalagi menjadi temuan, tentunya bakal disalahkan Samsat, " ujarnya pada Harianhaluan.com, Kamis (5/3).

Idealnya, katanya, kendaraan merupakan hak milik pribadi. Sesuai aturan dalam waktu jangka tiga bulan kendaraan yang dibeli harus dilakukan BBN. "Kita bukan mempersulit memamg begitu aturan," sebutnya. (*)

Reporter : Jefli Bridge /  Editor : Agoes Embun

Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Jumat, 23 September 2016 - 02:26:01 WIB

    Telat Bayar, Status Kepesertaan BPJS Kesehatan Dicabut

    Telat Bayar, Status Kepesertaan BPJS Kesehatan Dicabut PASAMAN, HALUAN — Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan akan menghentikan sementara ke­pesertaan BPJS Kesehatan bila peserta terlambat melakukan pembayaran iuran kepesertaan..
  • Kamis, 22 September 2016 - 03:24:47 WIB

    Bayar Tagihan PDAM Bisa Lewat ATM Bank Nagari

    Bayar Tagihan PDAM Bisa Lewat ATM Bank Nagari BUKITTINGGI HALUAN — Perusahaan Daerah Air Minum Kota (PDAM) Tirta Jam Gadang, Kota Buki­ttinggi meningkatkan pelayanannya kepada pelanggan dengan mempermudah pembayaran tagihan rekening air PDAM..
  • Sabtu, 09 Juli 2016 - 14:39:57 WIB

    Preman Pungut Rp 10 Ribu Setiap Pengendara, Kalau Tidak Bayar Disuruh Balik

    Preman Pungut Rp 10 Ribu Setiap Pengendara, Kalau Tidak Bayar Disuruh Balik PESSEL, HALUAN—Aksi premanisme sepertinya tidak hilang, meski aparat sudah sering melakukan Operasi Cipta Kondisi (Cipkon). .
  • Jumat, 01 Juli 2016 - 05:04:00 WIB
    Capai Angka Rp649 Juta

    11 Nagari Menunggak Pembayaran Raskin

    11 Nagari Menunggak Pembayaran Raskin PASAMAN, HALUAN — Sebanyak sebelas nagari di Kabupaten Pasaman, menunggak pembayaran dana beras miskin (Raskin), untuk bulan Mei-Juni 2016. Totalnya bahkan mencapai sebesar Rp649,715 juta..
  • Senin, 28 Desember 2015 - 02:51:55 WIB

    Perusahaan di Solsel Diminta Bayar UMP Sesuai Aturan

    SOLSEL,HALUAN — Di­nas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi Solok Selatan (Solsel) mengharapkan pe­ru­sahaan yang ada di daerah tersebut untuk mem­ba­yar­kan Upah Minimum Pe­ker­ja (UMP) bagi tenaga kerja atau karya.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM