Jelang Pilkada 2020, Kontestasi Pilgub Sumbar masih Cair


Kamis, 05 Maret 2020 - 12:01:11 WIB
Jelang Pilkada 2020, Kontestasi Pilgub Sumbar masih Cair Direktur ABC Sumbar, Erizal.

PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Direktur Arah Baru Center (ABC) Sumbar, Erizal memaparkan, tingkat konsistensi pemilih yang menjadi responden dalam survei ini masih cukup rendah. Hal itu menandakan bahwa kontestasi Pilgub Sumbar masih sangat cair. Sebab, pemilih fanatik diperkirakan hanya berada di angka 10 persen ke bawah. 

“43,3 persen responden menyatakan masih ada kemungkinan pilihan berubah, 40,4 persen menyatakan pilihan tetap sama dan 16,6 persen lagi tidak tahu,” sebutnya lagi.

“Simpulan dari hasil survei ini adalah Gerindra sejauh ini masih teratas sebagai partai pilihan di Sumbar. Elektabilitas calon gubernur masih bisa bergerak dan menandakan konstelasi masih cair. Tiga kandidat teratas bersaing ketat. Jika ada yang berkoalisi dua di antara tiga ini, otomatis kemenangan Pilkada telah terkunci,” urainya.

Erizal juga menjelaskan, survei menunjukkan Nasrul Abit masih diuntungkan dengan statusnya sebagai petahana dengan kinerja Pemprov Sumbar yang dinilai baik, dan diminta fokus ke Pilkada. “Sementara Mulyadi dihadapkan pada kemungkinan pilihan mundur dari DPR RI, dan Mahyeldi masih terkendala kepastian keputusan dari DPP PKS yang belum final,” ucapnya menutup. (*)

loading...
Reporter : Juli Ishaq Putra /  Editor : Agoes Embun
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]