Bupati Hendrajoni Imbau Masyarakat Tidak Panik Tanggapi Isu Corona


Kamis, 05 Maret 2020 - 14:18:17 WIB
Bupati Hendrajoni Imbau Masyarakat Tidak Panik Tanggapi Isu Corona Bupati Pesisir Selatan Hendrajoni.

PAINAN,HARIANHALUAN.COM-Bupati Pesisir Selatan Hendrajoni, menghimbau masyarakat di daerah itu agar tidak panik menanggapi informasi sekaitan isu virus Corona yang masuk ke Indonesia belakangan ini. 

"Kami minta masyarakat tetap tenang dan jangan panik, serta selalu menjaga pola hidup sehat," ujarnya pada wartawan di Painan, Kamis (5/3).

Ia menyebutkan, menjaga pola hidup sehat dengan mengkonsumsi makanan yang bergizi serta istirahat yang cukup sangat penting untuk ketahanan tubuh. Bahkan hal itu, mampu terhindar dari serangan berbagai penyakit, termasuk Corona.

"Bila ada masyarakat yang merasakan gejala batuk pilek, sakit tenggorokan, dan demam tinggi, segera periksakan ke dokter agar segera ditangani," ucapnya.

Bupati Hendrajoni mengajak seluruh masyarakat di daerah itu, selalu berdoa dan mohon petunjuk kepada Allah SWT agar diberikan keselamatan dari segala hal buruk yang mengancam, termasuk bahaya virus Corona.

Selain itu, ia berharap aksi Gerakan Masyarakat (Germas) hidup sehat mampu meningkatkan kesadaran waraga akan pentingnya menciptakan pola hidup sehat yang dimulai dari diri sendiri.

"Dengan adanya Germas ini, setidaknya masyarakat lebih sadar akan pentingnya menjalankan pola hidup sehat yang dimulai sejak dini," ucapnya.

Ia menuturkan, aksi Germas untuk pola hidup sehat pada 2020 mesti disikapi oleh seluruh perangkat daerah dan stakeholder terkait lainnya.

"Germas hendaknya dimulai dari diri sendiri, sehingga mampu memotivasi masyarakat lainnya dalam upaya menerapkan pola hidup sehat dan mengantasipasi berbagai penyakit," ujarnya.

Hal senada disampaikan, Sutarman selaku Direktur RSUD M.Zein Painan. Ia menghimbau, masyarakat Kabupaten Pesisir Selatan mesti tenang dan waspada di tengah merebaknya isu virus Corona. Untuk saat ini, pihaknya sudah mengambil langkah-langkah preventif terhadap virus yang dinamakan COVID-19 tersebut.

"Sebelumnya sudah kami bahas dalam rapat. Bahkan, pihak kami bersama Dinkes telah menyiagakan seluruh petugas survei pada masing-masing Puskesmas untuk melakukan pemantauan," ujarnya.

Ia meminta masyarakat daerah setempat agar tetap tenang dan terus melaksanakan aktivitas seperti biasa. Sebab, Pessel masih dalam keadaan kondusif. Pihaknya secara intensif bakal memberikan informasi dan pengawasan terkait virus Corona. 

"Saat ini di Pessel belum ada informasi adanya pasien yang terpapar virus Corona. Jadi, jangan mudah terpengaruh dengan informasi-informasi yang tidak benar," ucapnya. (*)

Reporter : OKIS /  Editor : Dodi

Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM