Diapresiasi Walikota, Bhabinkantibmas Saringan Sawahlunto Inisiasi Bentuk Kelompok Peternak


Kamis, 05 Maret 2020 - 14:29:39 WIB
Diapresiasi Walikota, Bhabinkantibmas Saringan Sawahlunto Inisiasi Bentuk Kelompok Peternak Kunjungan Walikota Deri Asta ke kelompok peternak Saringan Kecamatan Barangin Kota Sawahlunto. Menariknya kelompok peternak ini merupakan para pemuda dan remaja putus sekolah. RIKI YUHERMAN

SAWAHLUNTO,HARIANHALUAN.COM- Merangkul remaja putus sekolah dan juga pengangguran di Kelurahan Saringan, Babhinkantibmas setempat, Brigadir Polisi Valerian, menginisiasi berdirinya kelompok peternak Kambing dan sapi Harapan Bersama.

Tak kurang dari 23 pemuda dan juga pemudi Saringan yang tegabung dalam kelompok ternak ini. Bhabinkantibmas didukung pemuda setempat juga menanami lahan tidur dengan rumput gajah mini serta dengan swadaya membuat kandang kambing berukuran 3x8 meter.

"Berdirinya kelompok usaha ini dilatar belakangi akan kekhawatiran melihat tingginya angka remaja putus sekolah di kawasan ini. Harapannya, dengan terbukanya hati pemuda - pemuda ini untuk bergabung di kelompok usaha, didukung tokoh masyarakat dan perhatian dari Pemko, kenakalan remaja dapat berkurang, karena mereka lebih terarah menjadi pemuda positif dan produktif," tutur Valerian kepada harianhaluan.com.

Kenapa dipilih usaha ternak ungkap Valerian, karena kegiatan ini tidak mengharuskan pelakunya untuk memiliki skill khusus. Dengan kemauan dan semangat yang dimiliki katanya, secara bertahap mereka bisa denhan sendirinya untuk menjadi peternak atau pembudidaya ternak.

Valerian menambahkan, kelompok harapan bersama ini terbentuk sejak Januari 2020, secara swadayabuat kandang kambing dengan kapasitas 20 ekor dan kandang sapi kapasitas 6 ekor dan juga lahan untuk pakan ternak. Sementara untuk bibit kambing saat ini menunggu bantuan program dari dinas terkait.

"Tidak perlu keahlian khusus, perlu kemauan dan semangat, untuk pengembangan bisa di mentori melalui warga yang telah pengalaman. Untuk tekhnisnya nanti akan dibagi per-regu, sehingga anggota bisa bergiliran san tidak tiap hari terikat, bisa sambilan dan banyak manfaatnya," katanya.

Ketua Kelompok, Arboni Simanulang mengungkapkan, kelompok ini beritikad akan beternak kambing dan mengembangkan usaha pakan ternak.

"Dengan gotong royong dan biaya swadaya, lahan pakan sudah kami tanami, dan kandang sudah dibuat, namun kami terkendala modal untuk membeli bibit ternak," ujar Boni.

Ternak kambing menjadi pilihan kelompoknya karena pertimbangan modal lebih kecil, lebih cepat berkembang biak, sehingga perputaran modal  dan keuntungan akan lebih cepat. Sedangkan untuk usaha pakan, kelompoknya menanam rumput gajah mini di lahan tidur karena sifat tanaman ini memiliki percabangan yang lebih banyak dan  bisa dipanen dalam waktu singkat.

Sementara Walikota Sawahlunto, Deri Asta saat peninjauan lokasi kandang kelompok peternak Saringan, sangat mengapresiasi semangat dan ide pemuda-pemuda Kelurahan Saringan yang bersemangat mengolah lahan tidur untuk usaha ternak dan pakan. Deria Asta berjanji, kelompok ini akan menjadi prioritas penerima bantuan progran usaha ternak yang dianggarkan di Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan pada 2020 ini.

"Ini sangat sinkron dengan program yang tengah kita genjot. Program bantuan usaha ternak yang ditujukan untuk pengentasan kemiskinan, mulai tahun ini sasarannya  tidak hanya  Kepala Keluarga (KK) kurang mampu, tetapi sebagian akan ditujukan kepada warga atau kelompok yang memiliki keinginan serius untuk usaha, seperti yang ditunjukkan kelompok ini. Dan keseriusan usaha tersebut akan dinilai dengan tolok ukur adanya lahan pakan yang sudah ditanam dan kandang," tuturnya.(*)

loading...
Reporter : RIKI YUHERMAN /  Editor : Dodi
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Rabu, 02 November 2016 - 01:04:31 WIB

    Kader Posyandu Agam Diapresiasi Menkes RI

    Kader Posyandu Agam Diapresiasi Menkes RI Agam, Haluan — Menteri Kesehatan RI, Prof. Nila Djuwita F. Moeloek memberikan penghargaan Kader Posyandu Lestari kepada dua kader Posyandu terbaik Kabupaten Agam..
  • Jumat, 10 Juni 2016 - 02:49:19 WIB

    Kasubag Humas DPRD Solok Diapresiasi Wartawan

    SOLOK, HALUAN — Kala­ngan wartawan memberikan apresiasi dan jempol pada Kasu­bag Humas DPRD Kota Solok, Ismail karena dinilai sangat transparan dalam pem­bayaran da­na langganan koran maupun dana lipu­tan khusus dengan.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]