Ondeh..! Daftar Tunggu Haji di Pasaman Selama 21 Tahun


Kamis, 05 Maret 2020 - 14:48:46 WIB
Ondeh..! Daftar Tunggu Haji di Pasaman Selama  21 Tahun foto Ilustrasi

PASAMAN, HARIANHALUAN.COM--Daftar tunggu calon jamaah haji (CJH) di Kabupaten Pasaman, Sumatera Barat, sampai 21 tahun ke depan. Sementara daftar tunggu calon haji di daerah itu mencapai ribuan. 

Artinya, lama antrean bagi seorang calon haji agar bisa menunaikan rukun Islam kelima ini ke tanah suci Mekkah, apabila mendaftar pada tahun 2020 baru bisa diberangkatkan pada tahun 2041 mendatang.

Baca Juga : Pasukuan Sikumbang Payung Panji E. Dt. Sampono Intan Jalani Prosesi Lilin Ambalau

"Daftar tunggu haji Sumatera Barat itu sampai 21 tahun. Itu pun jika mendaftarnya pada tahun ini (2020)," kata Kepala Seksi Penyelenggara Haji dan Umrah pada Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Pasaman, Edy Ridwan, saat ditemui harianhaluan.com, Kamis (5/3).

Dikatakan, bahwa keberangkatan jemaah haji Kabupaten Pasaman pada musim haji tahun ini mengalami penurunan. Dari 302 jemaah haji pada 2019 lalu, kini hanya sebanyak 244 jemaah calon haji (JCH) yang akan diberangkatkan ke tanah suci.

Baca Juga : Pengajian dan Menyantuni Anak Yatim, Awali Tahun Baru di Padang Galanggang

"Calon haji yang akan berangkat pada tahun 2020 sebanyak 244 jemaah. Ada penurunan jika dibandingkan dengan tahun 2019, sebanyak 302 jemaah haji," ujar Ridwan. 

Ridwan berharap, ada penambahan kuota haji secara nasional dari Pemerintah Arab Saudi pada musim haji tahun ini, sama halnya seperti tahun lalu. Sementara kuota jemaah haji untuk Provinsi Sumatera Barat keseluruhan sebanyak 4.525 jemaah. 

Baca Juga : Vaksin Covid-19, Wiku: Daerah Sudah Siap Mendistribusikan

"Tahun 2019, ada tambahan quota dari pemerintah Saudi, sebanyak 10.000 untuk Indonesia. Dan, Sumbar, dapat 377 kuota jemaah," katanya. 

Disinggung mengenai besaran biaya naik haji pada tahun ini, Edy Ridwan menyebutkan, masing-masing jemaah calon haji harus mengeluarkan biaya sebesar Rp32,8 juta. Sama halnya dengan biaya naik haji pada tahun sebelumnya. 

Baca Juga : 280 KK di Nagari Simpang Terima BLT Dana Desa Tahap II

"Kalau untuk daftar haji, wajib setor Rp25 juta untuk satu porsi. Namun, besaran pelunasan biaya perjalanan ibadah haji, masih sama dengan penyelenggaraan ibadah haji tahun lalu, yakni Rp32,8 juta untuk di Sumbar. Nasional, sebesar Rp35 juta," katanya. (*)

Reporter : YUDHI | Editor : Dodi

BERITA TERKINI Index »

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]